Cara Membuat Tugas Kliping Sekolah dan Contohnya

Balerumah.com - Di sekolah, tak jarang menemukan tugas dalam bentuk kliping. Cara membuatnya seringkali disalahpahami oleh siswa. Hal ini dikarenakan banyaknya istilah dalam bentuk penugasan. Seperti makalah, laporan, jurnal, dan lain-lain. 

sumbe foto: diadona

Kliping merupakan suatu kegiatan memotong beberapa bagian tertentu dari media cetak, seperti majalah, buku, koran, tabloid atau sumber lain. Kemudian potongan tersebut disusun dalam susunan tertentu di atas kertas, kartu, karton dan lainnya untuk dijadikan sebagai dokumentasi.

Kliping itu seperti apa?

Kamu pasti pernah melihat tempelan-tempelan dari kertas seperti koran, jurnal, majalah yang ditempel di dinding. Hal tersebut dinamakan kliping. 

Apa saja bahan kliping?

Dalam pembuatannya. kliping harus memiliki bahan-bahan. Setiap kliping, setidaknya memperlihatkan satu tema dari berbagai sumber. Dengan begitu, kliping menjadi bernilai dan orang tertarik membacanya. 

Apakah kliping bisa di ketik?

Dikarenakan kliping adalah potongan kertas yang berisi berita, maka kliping tidak bisa diketik. Kliping harus menyertakan dari mana sumber yang didapatkan, baik itu koran, majalah, dan lainnya. Jika tidak demikian, maka bukan disebut kliping. Bisa juga poster, brosur, dll.

Tujuan pembuatan kliping

Tujuan pembuatan kliping adalah untuk menyebarkan pemikiran, ide, dan pengalaman seseorang kepada orang lain. Kliping juga bisa dijadikan sebagai sarana penyambung pemahaman antara penulis dan pembaca yang belum sempat mengikuti buah pikiran penulis yang pernah dimuat dalam suatu surat kabar.

Cara Membuat Kliping
Membuat kliping sebetulnya cukup mudah, hanya diperlukan langkah di bawah ini:

1. Siapkan bahan
Bahan yang digunakan dalam pembuatan kliping adalah tema. Dengan tema ini, kita bisa mencari sumber yang masih satu bahasan. Selain itu, siapkan juga peralatan yang diperlukan seperti gunting, karton, dan lem.

2. Susun
Dalam penyusunan kliping, koran dipotong tanpa membuang tulisan isi berita. Dan juga jangan memotong bagian judul berita, karena itu bagian yang penting dan menunjukkan kepada pembaca.

3. Variasi
Setelah bagian-bagian dari potongan tersebut ditempelkan, boleh ditambahkan aksesoris sebagai variasi. Misalnya dengan menambahkan pita, ranting kayu dan lain-lain. Cara ini untuk membuat kliping menjadi lebih estetis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel