Cara Membuat Proposal Kegiatan Agar Diterima

Balerumah.com - Mengadakan kegiatan formal tidak lepas dari membuat proposal kegiatan. Dalam hal ini, penting untuk mengetahui cara pembuatan proposal yang baik. Namun sebelum menyusun, ada hal pokok yang mesti dimiliki. Seperti judul, tujuan, dan lainya.

Proposal merupakan sebuah rencana yang ditulis sesuai rancangan kerja. Pembuatan proposal dilakukan sebelum kegiatan atau acara dilaksanakan, hal ini untuk mendapatkan sponsor acara dan izin atas pelaksanaan.
Foto oleh MART PRODUCTION dari Pexels

Struktur Proposal Kegiatan
Pembatan proposal mencangkup ide yang terstruktur dalam penulisannya. Adapun strukturnya kurang lebih seperti ini:

1. Nama Kegiatan
Untuk membuat cover atau sampul, diperlukan nama kegiatan. Nama ini yang nantinya akan menjadi judul dari sampul tersebut. Pastikan judul yang dibuat mewakili seluruh kegiatan yang direncanakan. Dengan menuliskannya sesingkat dan padat, supaya jelas tujuan dari kegiatan tersebut.

2. Pendahuluan
Dalam proposal, pendahuluan mesti meliputi latar bekalang, tujuan dan manfaat. Hal ini ditulis untuk pembuka dari BAB 1 pada proposal tersebut. Penulisan yang baik harus meyakinkan kepada target pengajuan agar mereka memberikan izin atau suntikan dana yang mencukupi.

3. Isi Proposal
Isi yang terdapat dalam proposal terdiri rincian kegiatan yang akan dilaksanakan, mulai dari penjelalsan kegiatan, siapa anggotanya, barang apa saja yang dibutuhkan, dan waktu pelaksanaan. Isi tidak perlu bertele-tele, cukup jelaskan yang penting saja.

4. Susunan Acara
Pada bagian ini dirinci susunan kegiatan yang direncanakan. Disebutkan pula durasi untuk setiap kegiatan, lokasi, dan siapa saja yang terlibat pada jadwal masing-masing.

5. Susunan Kepanitiaan
Pada bagian ini disebutkan siapa saja panitia dan bagian apa saja yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan. Susunan ini sebaiknya dibentuk sebelum membuat proposal. Karena ketika mengajukan proposal, penerima akan melihat siapa saja nama-nama panitianya.

6. Anggaran Dana
Nah, ini dia yang paling penting. Rincian dana untuk mengelenggarakan sebuah kegiatan mesti selalu dicantumkan di dalam proposal. Coba perkiraan biaya dan pertimbangkan, karena penting bagi sponsor. Bila perlu, pendanaan dibedakan menjadi bagian persiapan sebelum kegiatan, operasional selama kegiatan berlangsung, dan laporan kegiatan setelah selesai dilakukan.

7. Penutup Proposal
Tidak lupa untuk memberikan penutup bagi setiap proposal. Penutup berperan untuk mendorong sponsor atau pihak yang berwenang menyalurkan dana dan memberikan izin pelaksanaan kegiatan.

Pembuatan proposal dilihat niatnya, semangat dan optimis atas kegiatan yang direncanakan dapat diihat pada bagian penutup proposal.

Di bawah ini adalah contoh proposal kegiatan dari komentarmu.


PENGESAHAN

Nama Kegiatan  : Social Night Tahun 2018

Ketua Panitia     : Rara Ayuningtyas

Anggota              : Mahasiswa Semester 2, 4, 6, dan 8

Biaya                   : (Terlampir)

                                                                                                Malang, 19 Februari 2018

Ketua Jurusan,                                                                         Ketua Himpunan,

Dr. Abdul Martatilaar, S.Pd., M.Pd.                                       Moh. Tirta Husein

NIP 198245628782001                                                           NIM 1512031181

PROPOSAL KEGIATAN

SOCIAL NIGHT

TAHUN 2018

  1. NAMA KEGIATAN

Social Night Tahun 2018

2. TEMA UMUM

“The Spirit of the Almighty Archipelago”

3. LATAR BELAKANG

               Mahasiswa sebagai peserta didik menjalankan kewajibannya untuk menuntut ilmu terkait dengan jurusan yang ditekuni. Kegiatan tersebut dinamakan dengan kewajiban akademik. Disamping itu ada kewajiban lain yang bersifat non akademik yang mahasiswa harus jalankan sebagai bagian dari warga dari sebuah kampus. Layaknya warga masyarakat tentu terorganizir dalam satu kesatuan organisai yang nantinya memfasilitasi kebutuhan kegiatan akademik dan non akademik. Organisasi juga merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa untuk kemudian melatih keterampilan yang tidak ditemukan di dalam kelas dalam proses pembelajaran.

               Dalam berbagai proses organisasi, mahasiswa dilatih untuk lebih mendalami istilah soft skills. Istilah ini mengacu pada hal-hal yang berkaitan dengan keterampilan yang tidak secara langsung di dapatkan di dalam ruang kelas. Soft skills mengacu pada tanggung jawab, tepat waktu, percaya diri, kepemimpinan, dan lain sebagainya yang mengacu pada kepribadian seseorang. Nah melalui organisasilah hal-hal seperti ini ditempa dan dilatih sehingga kemudian menjadi sebuah kebiasaan dan keterampilan yang melekat pada seorang mahasiswa.

               Organisasi mahasiswa tersebar hingga ke satuan terkecil daripada sebuah kampus yaitu jurusan. Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia adalah salah satu dari berbagai organisasi yang ada di Kampus Universitas Negeri Malang. Keberadaan himpunan ini tentu merupakan sebuah wujud dari persatuan dari mahasiswa dan mahasiwa di Jurusan Bahasa Indonesia. Dalam rangka menyambut dan merayakan hari jadi Jurusan Bahasa Indonesia yang berlangsung pada April mendatang, himpunan akan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, dan salah satu dari kegiatan tersebut adalah Sosial Night.

               Sosial Night merupakan sebuah event konser sosial yang diselenggarakan sebagai puncak acara perayaan ulang tahun jurusan. Acara ini merupakan acara puncak ulang tahun yang sekaligus merupakan acara penggalian dana untuk kegiatan amal setelah event sukses terlaksana. Dalam kegiatan ini, ada beberapa pengisi acara baik dari internal jurusan serta bintang tamu yang meramaikan acara. Harapan dari acara ini adalah dapat terkumpul sejumlah dana dari hasil penjualan tiket konser yang kemudian akan disumbangkan sesuai dengan tujuan amal yang sudah disetujui bersama.

               Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi salah satu wahana untuk miningkatkan soft skill mahasiswa hingga solidaritas dan kekompakan dari organisasi dan mahasiswa di lingkungan jurusan Bahasa Indonesia. Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai wadah dalam menyalurkan bakat dan minat mahasiswa dan pengembangan soft skill itu sendiri. Dukungan semua pihak baik dari internal jurusan serta eksternal sangat dibutuhkan guna kelancaran acara secara keseluruhan.

4. TUJUAN

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan Social Night Tahun 2018 antara lain:

  1. Meningkatkan kekeluargaan dan solidaritas dosen dan mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia
  2. Memberikan wadah pembelajaran dan pengembangan diri kepada mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia
  3. Memberikan wadah penyaluran minat dan bakat untuk mahasiswa, siswa, dan guru yang nantinya akan terlibat di dalam kegiatan ini.
  4. Menumbuhkan jiwa sosial mahasiswa terhadap fenomena yang terjadi di masyarakat.
  5. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa agar nantinya mampu menciptakan lapangan pekerjaan.
  6. Menumbuhkan kreativitas mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia
  7. Memperkenalkan Jurusan Bahasa Indonesia kepada masyarakat.

5. DASAR PEMIKIRAN

  • Tri Dharma Perguruan Tinggi
  • Program Kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia Tahun 2017/2018

    6. JENIS KEGIATAN

Adapun kegiatan Social Night 2018 yaitu sebagai berikut:

  • Social Night
  • Tema acara

Charity under the Moonlight”

  • Bentuk Kegiatan

Social Night merupakan puncak dari serangkaian acara dalam perayaan hari ulang tahun Jurusan Bahasa Indonesia. Kegiatan ini melibatkan seluruh elemen yang ada di lingkungan Jurusan Bahasa Indonesia serta Kampus Universitas Negeri Malang. Pada kesempatan ini juga kami akan mengundang Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Sosial Kota Malang untuk turut hadir menyaksikan acara puncak hari jadinya Jurusan Bahasa IndonesiaDalam acara Sosial Night akan ditampilkan beberapa kreasi mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia  yaitu tari kontemporer, pertunjukan kolaborasi  mahasiswa, serta penampilan perwakilan dosen. Dalam rangka memeriahkan acara ini, kami juga akan mengundang bintang tamu untuk menarik minat masyarakat luar untuk datang dan meramaikan konser amal ini. Bintang tamu tersebut diantaranya Tulus, Danilla Riyadi, serta Fiersa Besari. Beberapa solois tersebut akan kami tampilkan guna memeriahkan kegiatan konser amal yang juga merupakan puncak acara dari ulang tahun Jurusan Bahasa Indonesia

  • Pengisi Acara

Dalam memeriahkan acara ini diestimasikan akan ada lebih dari 1000 orang yang akan datang. Unsur tersebut datang dari jumlah mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia, staff pegawai jurusan hingga fakultas, pejabat jurusan, dekanat, dan rektorat, undangan pihak luar baik pejabat kota Malang, sponsor acara, komunitas sosial, serta masyarakat luar dari sekitar kota Malang. Selain itu akan ada partisipan aktif dari para pengisi acara Sosial Night yaitu dari bintang tau serta crew yang bertugas.

  • Penonton

Acara ini terbuka untuk umum. Panitia mengestimasikan akan ada lebih dari 1000 orang yang akan datang menontonacara ini karena mengingat bintang tamu yang diundang datang dari berbagai kalangan dengan jejaring fans yang berbeda-beda. Dengan ini harapannya akan mampu mengumpulkan jumlah masa yang besar dan tentunya juga akan menambah hasil dari konser amal itu sendiri.

7. WAKTU PELAKSANAAN ACARA

Minggu, 29 Maret 2018

8. PENYELENGGARA

               Penyelenggara kegiatan ini adalah mahasiswa dari lintas semester yang bekerja besama-sama dalam satu kesatuan kepanitian yang terbagi-bagi dalam beberapa bagian sie yang bekerja dengan tugas khusus dan pekerjaan yang spesifik.  

9. SUSUNAN PANITIA

Penanggung Jawab                           : Moh. Tirta Husein

Ketua Panitia                                    : Rara Ayuningtyas

Wakil Ketua                                     : Jimmy Marta

Sekretaris                                          : Ayuning Mahima

Bendahara                                        : Prabaningrum

Sie Kerohanian                                 : Nike Ayu Mas

Sie Acara                                          : Joe Prapta

Sie Kesekretariatan                          : Inggit Mutiara

Sie Perlengkapan dan Dekorasi       : Prasta Prawira

Sie Transportasi                                : Pamungkas Dewa

Sie Tempat dan Keamanan              : Abdul Gofar

Sie Konsumsi                                   : Merry Hartani

Sie Penggalian Dana                        : Gina Mas Permata

Sie Publikasi & Dokumentasi          : Angga Mas

 (Detail panitia terlampir)

10. RANCANGAN ANGGARAN BIAYA

Total anggaran dana yang dibutuhkan dalam penyelenggaran acara Sosial Night adalah 250.340.000 yang terbagi dalam beberapa pos keuangan dan dirinci sebagai berikut terlampir pada bagian akhir proposal ini.

11. PENUTUP

               Demikian proposal kegiatan Sosial Night  ini dibuat dan untuk diajukan. Besar harapan kami Bapak/Ibu dapat ikut berpartisipasi dan mendukung bersama kelangsungan acara konser amal ini. Kami berharap dukungan dari semua pihak sehingga acara ini dapat berlangsung dengan baik dan kemudian dapat bermanfaat untuk semua sumber daya manusia yang terlibat dalam penyelenggaran acara ini. Demikian proposal ini kami sampaikan, sekian dan terima kasih.

Malang, 19 Februari 2018

Ketua Panitia,                                                                          Sekretaris ,

Rara Ayuningtyas                                                                   Ayuning Mahima

NIM 1325162718                                                                   NIM 1345678766

                                                            Mengetahui

Ketua Jurusan,                                                                         Ketua Himpunan,

Dr. Abdul Martatilaar, S.Pd., M.Pd.                                       Moh. Tirta Husein

NIP 198245628782001                                                           NIM 1512031181

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

Nah berikut di bawah ini adalah contoh proposal kegiatan sekolah. Simak contoh proposal berikut ini.

A. Judul Proposal

Proposal Malam Budaya SMA Tunas Bangsa dalam Rangka Memperingati Hari Pendidikan Nasional

B. Latar Belakang

Salah satu ajang berkreatifitas bagi kalangan siswa-siswi SMA adalah pentas seni. Selain berkarya di bidang akademik, potensi siswa-siswi di bidang non akademik harus diberikan wadah untuk mereka berkarya. Melalui pentas seni, siswa-siswi dapat menyalurkan imajinasi mereka dan menuangkannya kedalam sebuah karya berupa sebuah pertunjukan. Pentas seni ini juga sebuah upaya untuk menyeimbangkan aktivitas-aktivitas yang ada di sekolah.

Maka dari itu, kami dari pihak Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Tunas Bangsa bersama dengan Majelis Perwakilan Kelas berencana menggelar pentas seni sebagai ajang penyaluran bakat siswa dan siswi SMA Tunas Bangsa. Pentas seni yang digelar ini juga dalam rangka menyambut hari Pendidikan Nasional. Pentas seni yang bertajuk Malam Budaya ini akan diselenggarakan pada 30 April 2018 dan mengambil tempat di Pangguang Terbuka SMA Tunas Bangsa. Dalam serangkaian acara Malam Budaya ini akan diselenggarakan pameran pendidikan yang berisikan karya-karya di bidang akademik dan non akademik dari siswa-siswi SMA Tunas Bangsa.

C. Tema Kegiatan

Pada kegiatan pentas seni ini, kami selaku panitia kegiatan Malam Budaya ini mengambil tema “Pendidikan Berbudaya dan Berjiwa Muda”. Melalui tema ini kami ingin memberikan pandanga pada siswa-siswi serta masyarakat luas bahwa pendidikan tidak semata-mata urusan akademis yang haya terbatas pada urusan angka-anga. Namun pendidikan adalah sebuah budaya yang khususnya kita anak muda, tentu berjiwa muda untuk meraih cita-cita dan harapan di masa depan.

D. Jenis Kegiatan

Dalam acara Malam Budaya akan diadakan serangkaian acara yang berlangsung selama sehari penuh. Acara dibagi menjadi dua paruh. Paruh siang hingga sore, dna paruh sore hingga malam. Pada paruh siang hingga sore, akan berlangsung acara donor darah serta pameran pendidikan dengan pemajangan karya-karya siswa-siswi SMA Tunas Bangsa. Acara paruh sore hingga malam dilanjutkan dengan Malam Budaya yang dimeriahkan dengan pementasan karya-karya seni siswa-siswi SMA Tunas Bangsa yang berupa Teater Musikal, Sendra Tari, Drama Kolosal, Pertunjukan Sulap, Stand Up Comedy, Modern Dance, serta penampilan band siswa serta guru SMA Tunas Bangsa.

E. Peserta

Kegiatan ini adalah kegiatan internal dari SMA Tunas Bangsa, sehingga peserta dari kegiatan ini adalah seluruh warga sekolah SMA Tunas Bangsa yang terdiri dari seluruh siswa kelas X, XI, XII, guru, dan pegawai SMA Tunas Bangsa.

F. Waktu dan Tempat

Hari /Tanggal                 : Senin, 30 April 2018

Pukul                              : 11.00 – 16.00

Tempat                           : Aula Gedung SMA Tunas Bangsa

Hari /Tanggal                 : Senin, 30 April 2018

Pukul                              : 17.00 – 21.00

Tempat                           : Panggung Terbuka SMA Tunas Bangsa

G. Susunan Panitia

Pelindung                           : Drs. Johan Mulyawan, M.Pd. (Kepala SMA Tunas Bangsa)

Pembina                             : Bambang Gerlad, S.Pd., M.Pd. (Pembina OSIS)

Penanggung Jawab         : Joe Tan Tra (Ketua OSIS)

Ketua Panitia                     : Ben Suprapta

Sekretaris                          : Nenen Ainur

Bendahara                         : Ihsan Widi

Sie Malam Budaya           : Wahidin

Sie Pameran                      : Wika Salim

Sie Dokumentasi              : Merry Siskayani

Sie Perlengkapan            : Gamal Bintang Perkasa

Sie Humas                        : Maria el Galeiel

Sie Keamanan                  : Markus S Muhtar

H. Anggaran Dana

Daftar Anggaran Biaya

  1. Penyewaan Panggung dan Tata Cahaya                                 : Rp. 5.000.000
  2. Penyewaan Alat Musik                                                                : Rp. 2.000.000
  3. Konsumsi                                                                                     : Rp. 2.500.000
  4. Perlengkapan                                                                               : Rp. 500.000
  5. Dokumentasi                                                                                : Rp. 300.000
  6. Lain-lain                                                                                        : Rp. 500.000

Total                                                                                                    : Rp. 10.800.000

I. Penutup

Demikian proposal ini kami buat untuk dapat di ajukan. Besar harapan kami dengan adanya dukungan dari berbagai pihak dapat kemudian melancarkan kegiatan ini. 

Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel