Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas Terbaik

Balerumah.com - Artikel yang muncul di halaman pertama Google, adalah tulisan dengan penggunaan SEO terbaik sesuai dengan algoritmanya. Cara menulis artikel SEO seperti apa, dan apa itu SEO akan kami jelaskan secara ringkas di bawah ini.

Sumber foto: Pixabay oleh StockSnap

Apa Itu Artikel SEO?

Artikel yang SEO merupakan artikel yang ditulis berdasarkan teknik Search Engine Optimization (SEO) supaya mesin pencari dengan cepat dapat mengidentifikasi isi artikel. Mesin pencari seperti misalnya Google, tentu akan merekomendasikan artikel yang ramah SEO kepada pembaca berdasarkan kata kunci yang relevan. Lalu, bagaimana cara menulis artikel SEO friendly? Ikuti tips ini!

Cara Menulis Artikel SEO.

Menulis artikel yang baik sebetulnya belum cukup untuk mencapai halaman pertama mesin pencari. Anda juga mesti menulis artikel yang ramah mesin pencari. Sehingga demikian, blog yang Anda kelola akan lebih cepat menjadi masuk halaman pertama di Google dan tentunya akan banyak pengunjung.

Bagaimana menulisnya? Di bawah ini Anda akan tahu setelah membacanya poin-poin cara menulis artikel SEO Friendly; artikel yang sesuai ketentuan algoritme Google terbaru dan juga unik sehingga mudah dipahami pembaca.

1. Riset kata kunci
Dalam menuliskan artikel, gunakan kata kunci yang tepat. Bagaimana cara menemukan kata kunci pencarian yang tepat? Ada beberapa cara, misalnya dengan menggunakan Google releted, Google sugest dan juga tools riset keyword lainnya.

Carilah kata kunci yang mempunyai volume besar, karena berarti itu menunjukkan bahwa banyak yang mencari kata kunci tersebut. Jika Anda menulisnya, pasti akan membuat pembaca tertarik untuk melihatnya.

Baca juga: Kamu Harus Tahu! Ini 5 Pekerjaan Halal Tanpa Keluar Rumah

2. Gunakan judul menarik
Judul menjadi patokan yang sangat penting untuk menarik pembaca mengunjungi artikel yang anda miliki. Cara menulis artikel SEO juga bergantung pada judul. Kalau artikelnya bagus, SEO friendly, tapi kalau judulnya kurang menarik juga tidak akan dibuka oleh pembaca.

Membuat judul yang menarik sebenarnya mudah, asalkan anda sudah tahu kata kunci apa yang hendak anda ambil. Dengan menggunakan kata kunci tersebut, tiga atau empat kata, kemudian ditambahkan bumbu pemanis kata di belakang. Misalnya anda mengambil cara menulis artikel seo friendly, lalu ditambah kata berkualitas terbaik.

3. kata kunci di dalam artikel
Kata kunci yang telah anda riset dengan matang, kemudian jadikan artikel yang utuh. Setelah itu kata kunci hendak anda gunakan, bisa anda masukkan atau sebar di dalam artikel yang ditulis. Cara ini jarang dilakukan bagi blogger baru. 

Setidaknya pemakaian kata kunci dalam artikel berkisar 1-3% dari jumlah kata yang digunakan dalam penulisan. Oleh karena itu, tips ini sangat disarankan bagi anda yang ingin artikelnya masuk halaman pertama Google.

4. Panjang tulisan
Panjangnya tulisan dalam artikel juga sangat berpengaruh untuk mencapai halaman pertama Google. Memang tidak ada batasan yang akurat, tetapi dari pengalaman para blogger, artikel dengan tulisan yang lebih panjang dan SEO sangat memungkinkan untuk masuk halaman pertama.

Berdasarkan pengalaman kami, artikel yang memungkinkan masuk halaman pertama mesin pencari, setidaknya berjumlah minimal 250 kata. Jumlah tersebut sudah termasuk sedikit jika dibandingkan dengan tulisan lain di halaman pertama, yang biasanya mencapai ribuan kata.

Baca juga: 3 Cara Jitu Menulis Artikel yang Benar Tanpa Copas

5. Gunakan unsur pendukung
Dalam penulisan blog, sangat disarankan untuk menggunakan unsur pendukung dalam artikel sebagai pemanis dan penguat isi konten. Apa saja unsur pendukung artikel? Misalnya foto, video, atau penguat lain yang bisa anda gunakan.

Sekiranya dengan menggunakan kelima cara menulis artikel seo seperti di atas, sangat memungkinkan anda untuk masuk ke halaman pertama mesin pencari. Akan tetapi, anda juga akan bersaing dengan ribuan blogger di luar sana. Maka, menulislah dengan maksimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel