3 Fungsi Penulisan Skirpsi Bagi Mahasiswa

Sebagai mahasiswa sarjana, untuk mendapatkan sertifikasi kelulusan atau ijazah perlu melakukan penulisan skripsi pada jenjang semester akhir. Fungsi penulisan skripsi sebetulnya cukup banyak, baik untuk meningkatkan atau membuktikan kompetensi diri sendiri, atau menggali bidang yang diampu. 
 
Gambar oleh dadaworks dari Pixabay 
Skripsi juga bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia, maka mahasiswa harus bersedia membuat penelitian skripsi pada jenjang akhir semester. Selain itu, fungsi penulisan skripsi seperti yang ada di bawah ini:

1. Menggali Kelilmuan dalam Bidangnya
Manfaat penulisan skripsi dalam pendidikan adalah untuk menggali, memperdalam atau bahkan menemukan sesuatu yang baru. Skripsi ditulis oleh mahasiswa akan dipertanggungjawabkan kepada dosen penguji nanti. 

Menggali keilmuan bisa dengan cara memperoleh informasi terbaru, mengulas, atau mendapatkan data penelitan baru yang dibutuhkan. Keilian pada setiap prodi akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman.


2. Mendapatkan Data Baru
Data terbaru yang didapatkan oleh seorang mahasiswa dalam skripsinya, tentunya sangat membantu. Baik untuk masyarakat maupun lembaga. Misalnya untuk mengetahui seberapa banyak data pasien TBC perhari di Rumah Sakit A.

Dengan data tersebut akan dikelola sebagaimana diinginkan mahasiswa. Dan tentunya, data tersebut juga bermanfaat bagi Rumah Sakit. 

3. Memecahkan Masalah Lingkungan
Penelitian yang dilakukan terhadap masyarakat sekitar, tentunya dapat membantu memecahkan masalah lingkungan. Banyak sekali masalah lingkungan yang terjadi di sekitar kita, jika hal itu dijadikan sebagai penelitian, akan membantu memecahkan masalah.

Tak jarang skripsi membahas tentang lingkunga hidup di sekitarnya. Tentang limbah, tentang alam, tentang karakter kehidupan masyarakat. Topik itu juga bagian dari fungsi penulisan skripsi.

4. Informasi Relevan
Data-data yang diperoleh dari hasil penelitian skripsi, memberikan informasi relevan dan terbaru. Terkadang, informasi membutuhkan data yang relevan, dengan penelitian berbasis data informasi, tentunya akan membantu pada penelitian berikutnya.

Informasi yang didapatkan dari penelitian, lebih dipercaya. Dan tak jarang dijadikan sebagai acuan informasi yang beredar.


5  Sebagai Jejak Kelulusan
Umumnya pada jenjang sarjana, skripsi digunakan sebagai salah satu syarat kelulusan wajib dikerjakan. Mahasiswa dikenal sebagai tombak negara, dalam hal pendidikan, pembaharuan yang dilakukan pada skripsi tentulah sangat ditunggu-tunggu oleh para pendidik yang bergiat pada prodinya.

Bukan serta merta skripsi hanya dijadikan syarat kelulusan, penelitian dilakukan mahasiswa akan berjejak pada bidangnya dan untuk generasi selanjutnya. Bisa dikatakan, fungsi penulisan skripsi akan jadi bahan pembahasan skripsi selanjutnya jika menarik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel