Memperingati Hari Perempuan Indonesia dan Sejarahnya

Mungkin Anda pernah mendengar hari perempuan Indonesia, yang dirayakan setiap tanggal 9 Maret. Setiap tahun biasanya ada tema tersendiri yang diusung, dan banyak kegiatan bermanfaat bisa Anda ikuti atau sejarah menarik untuk dipelajari tentang kesetaraan gender.

Hari perempuan Indonesia menjadi salah satu peringatan hari nasional yang perlu dirayakan, dan banyak kegiatan bermanfaat yang bisa Anda lakukan bersa


Kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki, memang sudah lama menjadi isu yang rasanya tidak kunjung usai. Masih banyak terjadi diskriminasi maupun stereotip gender, yang terjadi di tengah-tengah masyarakat hingga saat ini.

Perempuan seakan-akan memiliki batasan dalam memilih hidupnya, padahal semua manusia memiliki pilihannya masing-masing tanpa membeda-bedakan gender. Maka dari itu di hari perempuan, kita bisa mengangkat isu-isu belum pernah dibahas sebelumnya.

Kegiatan di Hari Perempuan Indonesia yang Bermanfaat

Mungkin banyak orang sudah mengetahui kapan hari perempuan dirayakan setiap tahunnya, namun belum banyak yang memberikan dedikasinya secara langsung. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan, dan kami akan merekomendasikannya berikut ini.

1. Campaign di Media Sosial

Salah satu kegiatan kecil namun bisa memberi dampak besar adalah campaign melalui media sosial, yang bisa membuat orang lain tertarik mengikutinya. Disana Anda bisa menyuarakan pendapat mengenai isu kewanitaan terkini, sehingga lebih banyak lagi orang yang bergabung.

Point utama dari melakukan campaign melalui media sosial adalah, bagaimana Anda mampu menunjukkan solidaritas sesama wanita. Dapat dilakukan dengan memposting foto dengan memeluk diri sendiri, dan memberikan tagar EmbraceEquity atau WomanSupportWoman.

2. Mengikuti Workshop

Tidak harus melakukan aksi secara langsung di hari perempuan Indonesia, dengan mengikuti workshop, Anda juga tetap bisa berkontribusi. Biasanya diadakan workshop yang mengangkat tema tertentu, dengan mengikutinya tentu saja Anda bisa mendapat ilmu bermanfaat.

3. Mempelajari Feminisme

Di hari besar tersebut tidak ada salahnya Anda memanfaatkan teknologi saat ini, yang dapat diakses dengan mudah yaitu internet. Memang banyak hal yang bisa ditemukan melalui media tersebut, salah satunya adalah pembahasan mengenai feminisme.

Bagaimana wanita sejak dulu telah memperjuangkan hak-hak yang sudah seharusnya mereka dapatkan, namun hingga saat ini masih ada saja pihak yang merasa bahwa wanita tidak pantas mendapatkannya, maka dari itu penting bagi Anda untuk mengetahuinya.

4. Menggelar Seminar

Kegiatan bermanfaat lainnya adalah menggelar seminar, di hari perempuan Indonesia nanti Anda bisa mengikuti atau menggelar seminar secara terbuka. Pasti akan ada banyak orang tertarik untuk mengikutinya, jika Anda bisa mengangkat tema menarik untuk dibicarakan.


Hari Perempuan Ada di Berbagai Negara

Merayakan perjuangan sesama wanita memang terbilang penting, karena melalui kegiatan tersebut akan timbul energi positif dan nantinya terbangun hubungan baik. Sudah seharusnya kita sebagai wanita, mampu memberi dukungan dan semangat.

Bahkan hari perempuan tidak hanya ada di Indonesia saja, melainkan semua negara di dunia juga ikut merayakannya. Jika di Indonesia hari perempuan diperingati setiap tanggal 9 Maret, maka secara internasional hari besar tersebut dirayakan setiap 8 Maret.

Dengan mengikuti berbagai kegiatan bermanfaat seperti yang telah kami rekomendasikan, Anda bisa menjadikan hari besar bagi perempuan tersebut lebih bermanfaat. Dan tentunya kita akan lebih mengerti, bahwa masih banyak hak-hak yang belum perempuan dapatkan.

Sebagai sesama wanita, sudah seharusnya kita bisa saling mendukung satu sama lain bukan malah menjatuhkan. Dengan adanya hari besar ini setiap tahunnya, setidaknya kita bisa terus diingatkan jika masih banyak hak perlu diperjuangkan agar wanita bisa mendapat keadilan.

Meskipun tidak turun langsung dalam menyuarakan pendapat Anda mengenai kesetaraan gender, namun banyak kegiatan bermanfaat yang bisa membuat Anda lebih paham, mengapa hari perempuan Indonesia sangatlah penting dan perlu disuarakan setiap tahunnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel