Daftar Hari Besar Nasional di Indonesia yang Wajib Diketahui

Hari besar nasional menjadi salah satu penanda peristiwa yang terjadi di negara Indonesia. Peristiwa ini diperingati setiap tahunnya oleh warga negara

Hari besar nasional menjadi salah satu penanda peristiwa penting yang terjadi di suatu negara. Peristiwa ini diperingati setiap tahunnya oleh warga negaranya.

Bahkan setiap bulan akan ada peringatan besar menandakan peristiwa sejarah bangsa Indonesia. Tentunya peristiwa ini merupakan kejadian penting yang sebelumnya terjadi di masa lalu.

Tiga Hari Besar Nasional yang Sangat Penting


Di Indonesia sendiri ada banyak peristiwa penting diperingati setiap. Perayaan setiap agama juga menjadi hari besar bagi masyarakat.

Namun ada beberapa peristiwa nasional menjadi hari besar menandakan kejadian masa lalu. Berikut ini merupakan tiga hari besar yang wajib Anda ketahui:

1. Kebangkitan Nasional

Untuk peristiwa pertama yaitu kebangkitan nasional. Ini merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah kemerdekaan bangsa kita.

Di mana peringatan ini jatuh setiap tanggal 20 Mei. Pada tanggal ini juga terbentuklah organisasi pergerakan nasional pertama di Indonesia yang dinamai dengan Budi Utomo.

Budi Utomo didirikan oleh Dr Sutomo serta para mahasiswa school tot Opleiding van Indische Artsen atau yang disingkat menjadi STOVIA. Dan tokoh yang menggagas berdirinya Budi Utomo sendiri yaitu Dr Wahidin Sudirohusodo.

Kebangkitan nasional merupakan bentuk dari kesadaran bangsa Indonesia untuk mulai memperjuangkan negaranya. Sehingga untuk memperingati setiap tahunnya maka warga Indonesia menjadikannya hari besar nasional.

Dengan memperingati hari kebangkitan nasional diharapkan dapat membangkitkan rasa nasionalisme semangat persatuan dan kesatuan. Sehingga tidak hanya berjuang dengan rasa kedaerahan saja namun dilandasi dengan nasionalisme.


2. Peringatan Ibu Kartini

Hari besar nasional yang tidak kalah penting yaitu peringatan ibu Kartini. Sejarah ini menjadi titik puncak kemerdekaan bagi kaum wanita.

Peringatan ini jatuh pada tanggal 21 bulan ke 4 yaitu April setiap tahunnya. Di mana pada tanggal tersebut juga merupakan kelahiran dari Raden ayu Kartini.

Dalam sejarah bangsa Indonesia RA Kartini memiliki pengaruh yang besar terhadap emansipasi wanita. Dahulu wanita tidak dapat melakukan kegiatan seperti kaum laki-laki.

Namun dengan kegigihan RA Kartini yang ingin mempersamakan status sosial. Sehingga saat ini wanita dapat melakukan berbagai kegiatan sosial secara bebas tanpa adanya kekangan.

Sebagai bentuk terima kasih maka RA Kartini ditetapkan sebagai pahlawan kemerdekaan nasional. Dan pada tanggal 21 April merupakan hari peringatan ibu Kartini yang selalu dimeriahkan oleh warga Indonesia.


3. Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia


Hari besar nasional selanjutnya yaitu proklamasi kemerdekaan republik Indonesia. Tentunya peristiwa ini sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia.

Setiap tahunnya diadakan upacara untuk memperingati proklamasi kemerdekaan Indonesia tepatnya pada tanggal 17 Agustus. Penanda peristiwa penting yang terjadi di masa lalu yaitu deklarasi independensi bangsa Indonesia.

Padahal tanggal 17 Agustus tepatnya tahun 1945 bangsa Indonesia melakukan pengumuman kemerdekaan. Tokoh yang mengumumkan kemerdekaan tersebut merupakan Soekarno dengan membacakan teks proklamasi.


Ada banyak makna yang terkandung dalam hari besar nasional ini. Mulai dari berjuang untuk mendapatkan hidup yang lebih baik lagi serta pantang menyerah dalam mengejar cita-cita.

Dalam peristiwa ini kita juga mengenal para pahlawan sebelumnya telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Untuk itu pada tangga 17 Agustus ditetapkan sebagai hari libur nasional kemerdekaan RI.

Selain tiga peristiwa di atas masih banyak lagi hari besar dalam perayaan setiap tahunnya. Tentunya setiap peristiwa memiliki sejarah dan maknanya masing-masing.

Kita sebagai generasi masa kini sudah sepatutnya untuk mengikuti peringatan hari besar tersebut. Karena hari besar nasional menjadi salah satu bentuk mengenang jasa-jasa pendahulu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel