Inilah Kelebihan dan Kekurangan yang Dirasakan Siswa Ketika Belajar Online di Rumah

Balerumah.com - Pembelajaran yang dilakukan secara online, terkadang memiliki kekurangan. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah kondisi ekonomi keluarga murid.

Via: pixabay.com 
Sebab, tidak semua orang memiliki smartphone, dan tidak semuanya mempunyai media. Walaupun pembelajaran ini terlihat praktis, namun pastinya terdapat biaya yang cukup ekonomis.

Selain khawatir dengan keterbatasan kuota internet, baterai juga dikhawatirkan. Karena apabila sedang menyimak pelajaran, lalu tiba - tiba baterai habis, kuota tiris, itu justru akan menurunkan semangat belajar baginya.

Terlebih lagi bila tidak mempunyai uang saku untuk membeli kuota. Jangankan untuk menyimak, absen saja berkendala.

Namun, tidak serta merta pembelajaran online ini memiliki sisi yang buruk. Ada pula sisi baiknya.

Lebih dari itu, di sini Bale Rumah akan memberikan penjelasan mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan dari belajar online.

Kelebihan:
1. Tempat
Dalam pembelajaran online, siswa dapat belajar di mana saja mereka berada. Baik di dalam ruangan, maupun di luar. Seperti di ruang tamu, kamar, teras rumah, bahkan dapur.

Hal ini memudahkan siswa untuk mengerjakan tugas sembari mengerjakan pekerjaan rumah. Di sini, tempat tidak menjadi alasan, tetapi kesiapan harus dimiliki siswa.

Maka dari itu, siswa harus siap pada ruangan yang ia gunakan sebagai tempat belajar, supaya dapat menyimak dan memahami isi pelajaran.

2. Hemat
Kita tidak perlu datang ke sekolah dan mengeluarkan ongkos jalan. Dengan duduk diam di rumah, kita menjadi sudah bisa melakukan kegiatan belajar.

Hal ini tentunya menghemat pengeluaran anda. Apalagi, bagi mereka yang rumahnya cukup jauh dari sekolah.

Itulah mengapa dengan media online, siswa dapat lebih hemat dari sebelumnya walaupun tidak banyak.

3. Perjalanan
Perjalanan pulang dan pergi ke sekolah yang biasa siswa lakukan, kini tak perlu lagi. Perjalanan hanya siswa lakukan untuk ke kamar mandi, dan mencari tempat yang cocok.

Jika dibandingkan dengan sekolah seperti biasanya, belajar online lebih sedikit mengeluarkan tenaga. Karena hanya berkegiatan dalam rumah.

Selain itu, siswa juga bisa belajar sambil makan, minum, atau apapun kegiatan yang juga tidak diperbolehkan di kelas.

4. Materi
Materi bisa di save dengan mudah. Biasanya dalam bentuk ppt, pdf, dan word, akan tersimpan dalam sebuah file.

Apalagi jika anda menggunakan smartphone, berkas dapat tersimpan secara otomatis pada file ternama sesuai aplikasi yang digunakan.

Hal ini merupakan kelebihan yang dialami siswa. Selain itu, siswa tidak perlu mencatat materi di buku kecuali jika memang disuruh.

5. Persiapan
Siswa tidak perlu memikirkan seragam sekolah yang digunakan, mereka bisa menggunakan pakaian apa saja senyaman mungkin.

Juga tidak perlu khawatir akan pakaian yang belum dicuci, karena kita pun tak akan menggunakannya.

Persiapan yang hanya kita butuhkan adalah, kesehatan dan kuota internet. Cukup dengan dua itu, siswa akan siap belajar online.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Belajar Online (E-Learning)  Gratis untuk Siswa dan Mahasiswa 

Kekurangan:
1. Pengunduran Waktu
Terkadang ada saja kendala atau masalah yang datang tanpa kita duga, sehingga membuat pelajaran menjadi terundur.

Seperti misalnya kurang komunikasi dan informasi penjadwalan mata pelajaran. Hal ini tentu merugikan waktu kita, yang seharusnya sudah melakukan kegiatan lain.

Jika seperti ini, solusinya adalah membuat grup kelas beserta guru, karena kalau hanya satu orang yang mengkonfirmasi kepada guru, justru malah memakan waktu.

2. Boros Kuota
Memang ada beberapa aplikasi yang membuat kuota internet cepat habis, di antaranya adalah aplikasi pengunduh vidio.

Selain itu, kita tidak tahu bagaimana kondisi jaringan atau sinyal di wilayah kita. Apakah cepat atau lambat.

Maka dari itu, solusinya adalah siapkan paket internet. Kalau perlu mampir ke tetangga yang punya wi-fi supaya tidak banyak mengeluarkan kuota.

3. Terganggu Nontifikasi
Jika anda menggunakan smartphone, pastinya sewaktu - waktu akan ada nontifikasi yang muncul di atas layar.

Hal ini tentu dapat membuat anda terdistraksi, apalagi pemberitahuan pesan dari teman. Anda gatal ingin membuka dan mengetahui apa yang dikirimkan.

Oleh sebab itu, jika anda menggunakan smartphone, matikanlah nontifikasi pesan kalau perlu. Supaya tidak mengganggu pembelajaran.

Baca juga: Metode Sederhana untuk Belajar yang Efektif di Rumah 

4. Baterai
Dengan media ponsel maupun laptop, baterai memiliki batas kemampuan masing - masing.

Memang, hal itu bisa diatasi dengan cara dicas. Akan tetapi ketika sudah panas, anda merasa khawatir dan justru terganggu ketika memegangnya.

Solusinya adalah, nyalakan alarm pada jam pelajaran dimulai. Sebelum itu, anda juga jangan mainkan dulu supaya tidak cepat panas.

5. Tidak fokus
Banyak hal di rumah yang menarik perhatian kita. Seperti misalnya alat musik, hewan peliharaan, dan mainan.

Apalagi belajarnya di kamar, tempat di mana sesuatu yang kita sukai tersimpan di dalamnya. Hal itu mampu mengalihkan fokus siswa.

Solusinya adalah, dengan menyingkirkan alat - alat tersebut. Atau mungkin bisa juga pindah ke tempat lain supaya fokus menerima materi.

Baca juga: 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel