Pentingnya Belajar Fisika; Jangan Anggap Sulit!

Balerumah.com - Bagi sebagian orang, belajar fisika menjadi sangat penting. Mungkin karena sadar akan keperluan sehari-harinya menggunakan fisika. Atau mungkin karena ia hobi dengan fisika. Sebenarnya, apa sih fisika? Kenapa kita harus belajar fisika? dan Kenapa fisika itu sulit?

Nah, oleh karena itu, pertanyaan-pertanyaan terebut akan kami rangkum dalam tulisan ini. Simak sampai selesai.


Apa sih fisika?

Fisika berasal dari kata bahasa Yunani yang artinya alam. Dah, gitu aja. Lalu kenapa ada hitung-hitungan? 

Ilmu lain seperti biologi juga sama mempelajari alam, namun yang membedakan fisika adalah: fisika mempelajari sifat dan gejala dari benda-benda di alam semesta. Dan untuk mengetahui gejala-gejala tersebut diperlukan perhitungan.

Sama seperti gelaja suatu penyakit, yang di mana seorang Apoteker menghitung resep yang diberikan oleh Dokter. Sehingga dengan begitu bisa diberikan kepada pasien.

Para pakar dan penemu dalam bidang fisika telah memberikan tulisan dan karya-karyanya, seperti Dokter. Tulisan yang dibuat untuk menjawab keresahan-keresahan yang ada pada diri kita. Seperti misalnya menanyakan "mengapa benda bisa bergeser" dari hal sekecil itu fisika sudah bisa menjawabnya.

Ahli dalam bidang fisika disebut fisikawan. Fisikawan idola kami adalah Albert Einstein,

Kenapa kita harus belajar fisika?

Sebenarnya tidak harus itu bukan fisikanya, tapi pengetahuannya. Dan bagi sebagian pelajar / mahasiswa, fisika diwajibkan bagi bidangnya. Memahami  fisika menjadi nilai plus di luar ketika kita sulit memecahkan suatu masalah.

Misalnya menebak-nebak berapa berat suatu bobot jika panjangnya sekian. Atau mungkin masalah yang lebih rumit daripada itu.

Pada zaman Yunani kuno, mungkin belum sefisika sekarang. Meskipun pada saat itu orang-orang sudah banyak berpikir, tetapi fasilitas belum memadai seperti sekarang. 

Orang-orang Yunani kuno pada saat itu hanya bisa berfilsafat, dan dengan filsafat itu yang kini melahirkan telah melahirkan banyak ilmu pengetahuan baru.

Lalu kita juga bertanya, kenapa fisika itu sulit?

Tentu saja, fisika sulit bagi orang yang tidak berpikir. Karena ilmu dasarnya fisika adalah berpikir, bukan berhitung. Berhitung hanya bagian dari salah satu pola berpikir.

Rene Descartes pernah menyinggung tentang cara berpikir manusia: "aku berpikir, maka aku ada". 

Dengan adanya perkataan itu, semua menjadi tidak ada karena tidak adanya kepala yang berpikir.

Merasa sulit adalah hambatan bagi setiap kegiatan yang akan kita kerjakan. Oleh karena itu, perlunya kita sadari bahwa setiap hari kita sering berfisika--seperti menggerakkan pintu, naik kendaraan, aktivitas di rumah, di kantor, tempat kerja, dan dimana pun kita telah berfisika. Maka jangan merasa sulit untuk mempelajarinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel