11 Jurusan Kuliah yang Langka dan Hanya Ada Beberapa Di Indonesia

Balerumah.com - Banyak kampus di negeri kita yang menyediakan berbagai jurusan. Semua jurusan yang ada di tiap kampus tentunya tidak selalu sama dengan kampus lainnya, sesuai dengan fokus bidangnya. Tapi, tahukah anda? Bahwa dari semua jurusan yang ada, terdapat beberapa jurusan yang sangat langka dan bahkan kita tidak tahu.
Sumber foto: pixabay (edit) 
Mayoritas calon mahasiswa di Indonesia, memilih jurusan kuliah yang telah memiliki pamor di perguruan tingginya, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hal ini terjadi lantaran banyak peminatnya.

Selain dari itu, ternyata ada jurusan kuliah yang langka di Indonesia.

Jurusan kuliah yang langkah ini hanya ada di beberapa kampus saja di Indonesia, dan tidak tersebar ke berbagai penjuru perguruan tinggi. Apa saja jurusan kuliah yang langka itu?

1. Program Studi Astronomi
Astronomi adalah salah satu jurusan atau proyek penelitian yang mengkhususkan diri dalam studi benda langit. Ilmu yang dipelajari disini menggunakan ilmu-ilmu dasar fisika.

Mahasiswa di jurusan tersebut nantinya akan menerapkan fisika pada benda-benda di langit. Mahasiswa juga mempelajari secara rinci struktur dan sifat fisik alam semesta dan isinya.

Jurusan ini sendiri dibagi menjadi tiga keahlian, yang pertama adalah tata surya yang fokus mempelajari tata surya seperti planet, bintang, dan sebagainya. Kedua, fisika bintang dan yang ketiga adalah kosmologi.

Saat penulisan artikel ini, Jurusan Astronomi hanya ada di Institut Teknologi Bandung

2. Program Studi Ilmu Keluarga dan Konsumen 
Program Studi Ilmu Keluarga dan Konsumen terutama membahas tiga hal: keluarga, anak-anak, dan konsumen. Membahas dan mengkaji ketiga hal tersebut dari sudut pandang ilmiah, dengan fokus pada pembinaan kualitas anak dan pemberdayaan keluarga dan konsumen.

Mahasiswa dalam proyek penelitian ini mampu memberikan alternatif pemecahan masalah dan memberikan advokasi dalam rangka peningkatan kemampuan adaptasi keluarga, peningkatan kualitas dan perlindungan anak, serta pemberdayaan konsumen. 

Saat penulisan artikel ini, Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen tersedia di Institut Teknologi Bandung (IPB).

3. Program Studi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan - 
Kemampuan (skill) dan pengetahuan (knowledge) yang akan dipelajari pada program ini mencakup sains dasar (terutama matematika dan fisika), teknologi informasi seperti algoritma, pemrograman, jaringan komputer dan IoT, dasar dari sistem siber-fisik (mekatronika, elektronika, sistem kontrol dan otomasi, sistem embedded), desain dan aplikasi robotika dan kecerdasan buatan serta integrasinya, metodologi penelitian, kewirausahaan, serta komunikasi profesional.

Saat penulisan artikel ini, Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan tersedia di UNAIR 

4. Program Studi Teknologi Batik
Keistimewaan langka berikutnya adalah teknik membatik. Jurusan ini mempelajari sejarah dan filosofi batik, serta teknologi batik. Kursus langka ini bertujuan untuk melindungi budaya Indonesia. Sejak tahun 2011, Jurusan Teknologi Batik membuka pendaftaran D3. Oleh karena itu, di jurusan ini 70% bahan ajar bersifat praktik dan 30% bersifat teori.

Saat penulisan artikel ini, Jurusan Teknologi Batik tersedia di Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

5. Program Studi Rekayasa Nanoteknologi
Program stidu ini memungkinkan Anda membuat penemuan baru yang berguna bagi kehidupan. Rekayasa nanoteknologi mempelajari material berukuran nano atau sangat kecil. Kemudian memanipulasi materi untuk membuat objek baru dengan karakteristik yang diinginkan.

Apa yang dipelajari di program studi Rekayasa Nanoteknologi ini?

- Dasar-dasar nanoteknologi, meliputi struktur material dan rekayasanya melalui pendekatan eksperimen dan/atau komputasi;
- Prinsip dasar, metode, sekaligus teknik sintesis dan karakterisasi nanomaterial;
- Pengetahuan mengenai kinetika dan termodinamika reaksi;
- Mengetahui karakteristik fisis dan kimiawi zat padat, dimulai dari struktur 3D, 2D, 1D, hingga 0D.
- Ilmu spektroskopi yang mendasari teknik karakterisasi nanomaterial.
- Pemahaman dasar mengenai bidang keilmuan nanoteknologi;

Prinsip nanoteknologi serta aplikasi rekayasanya di berbagai bidang industri medis, energi dan lingkungan.

Saat penulisan artikel ini, Jurusan Rekayasa Nanoteknologi tersedia di UNAIR

6. Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan
Ilmu atmosfer dan planet adalah program penelitian yang berfokus pada penelitian di bidang ilmu atmosfer dan astrofisika. Rencana penelitian mengkaji atmosfer ruang dekat dan memahami perilaku atmosfer terhadap cuaca dan perubahan iklim di Bumi.

Selain itu juga mengkaji tentang atmosfer antariksa jauh yang mempelajari interaksi matahari terhadap bumi dan planet-planet lain di tata surya.

Saat penulisan artikel ini, Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan tersedia di Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

7. Program Studi Sastra Belanda - UI
Jurusan ini akan mengajarkan Anda tentang linguistik, sastra, sejarah dan budaya Belanda.
Setelah lulus dari universitas ini, Anda bisa menjadi penulis, penerjemah, sarjana dan staf Kementerian Luar Negeri (Jalan Kemenlu).

Saat penulisan artikel ini, Jurusan Sastra Belanda tersedia di Universitas Indonesia.

8. Program Studi Teknik Nuklir - UGM 
Program sarjana teknik nuklir bertujuan untuk memberikan pendidikan yang berkualitas di bidang teknik dasar dan teknik nuklir. Bidang profesi teknik nuklir meliputi:

- aplikasi teknologi nuklir dalam pembangkitan daya,
- aplikasi radiasi dan radioisotop di industri, dan
- aplikasi yang mendukung radiologi klinik (radiodiagnostik dan radioterapi).
Proses pembelajaran diarahkan untuk memberikan bekal bagi mahasiswa sehingga mampu mengembangkan diri sesuai dengan profesi yang dipilih. 

Saat penulisan artikel ini, Jurusan Teknik Nuklir tersedia di Universitas Gadjah Mada (UGM).

9. Program Studi Teknik Transportasi Laut - ITS 
Mahasiswa teknik transportasi laut siap menjadi lulusan yang dapat memecahkan masalah di bidang teknik transportasi laut, termasuk desain kapal konseptual, perencanaan dan pengelolaan jaringan transportasi laut, armada laut, pelabuhan dan dermaga, dan moda transfer Transportasi (multi -mode).

Saat penulisan artikel ini, Jurusan Teknik Trsnsportasi Laut tersedia di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

10. Program Studi Aktuaria
Program Studi Aktuaria mempelajari bidang matematika dan sering disebut sebagai "matematika asuransi". Ilmu aktuaria sendiri adalah ilmu asuransi, yaitu mengelola risiko keuangan masa depan.

Mahasiswa aktuaria akan menerima kursus yang menggabungkan probabilitas, matematika, statistik, keuangan, dan pemrograman komputer. Tujuan akhirnya adalah menjadikan mereka sebagai perantara ahli asuransi dengan keahlian praktis dalam manajemen asuransi dan aktuaria, serta keahlian dalam perencanaan keuangan pribadi. Proyek pembelajaran manajemen industry

Saat penulisan artikel ini, Jurusan Aktuaria tersedia di 7 Universitas:

1. Institut Pertanian Bogor
2. Universitas Indonesia
3. Institut Teknologi Bandung
4. Universitas Gadjah Mada. ...
Institut Seknologi Sepuluh Nopember
6. Universitas Padjadjaran
7. Universitas Brawijaya 

11. Program Studi Manajemen Industri Katering
catering merupakan bagian dari Departemen Pariwisata, namun proyek pembelajaran tersebut berfokus pada bidang kuliner. Program studi akan mengajarkan pengetahuan dasar bidang kuliner lokal, nasional dan internasional, operasi dan manajemen bisnis kuliner, serta perencanaan, manajemen dan pemasaran.

Saat penulisan artikel ini, Jurusan Manajemen Industri Kateri tersedia di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel