Apa Itu Artikel? Pengertian dan Jenisnya

Balerumah.com - Segala bentuk tulisan banyak kita temui di berbagai platform media, baik digital maupun cetak. Bicara mengenai apa itu artikel, sebenarnya kita sering menemukannya. Anda mungkin pernah membaca tulisan-tulisan di Google, mayoritas dari tulisan tersebut adalah bentuk tulisan artikel. Pun begitu dengan tulisan yang ada di majalah, koran dan buku.
 
Foto oleh picjumbo.com dari Pexels
Apa itu artikel? Berikut Pengertiannya
Artikel adalah sebuah tulisan yang di dalamnya terdapat informasi, fakta dan juga opini. Umumnya terbit di berbagai media dan platform, mengingat bahasa yang digunakan adalah bahasa konvensional, dengan kata lain, bahasanya sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan mudah dipahami oleh khalayak masyarakat.


Jenis-jenis Artikel Berdasarkan Bentuknya
Berdasarkan bentuknya, setidaknya terbagi menjadi 5 jenis. Dari kelima jenis tersebut, anda bisa memilih bentuk mana yang bisa anda bawakan baik itu secara ucapan maupun tulisan. Berikut ini adalah jenis artikel berdasarkan paragraf:

1. Deskripsi
Bicara mengenai tulisan tidak lepas dari bentuk deskripsi ini. Deskripsi menjelaskan secara jelas dan apa adanya mengenai bentuk, karakter, dan juga gambaran secara detail. Misalnya dalam menanyakan “apa itu artikel?” kita tentu bisa menjawabnya secara deskriptif (bersifat deskripsi).

Deskripsi ditulis berdasarkan apa yang dilihat, dirasakan, dan dialami oleh seseorang, sehingga ia dapat menjelaskan sesuatu secara deskripsi berdasarkan pengalaman pribadinya. Selain itu, deskripsi juga bisa berbentuk definisi, dengan berbagai gambaran visual dan batasan pada apa yang hendak dijelaskan.


2. Argumentasi
Hampir setiap hari kita sering menggunakan kalimat argumentasi. Baik itu di rumah, sekolah bahkan tempat kerja. Mungkin anda pernah ditanya mengenai sesuatu yang jawabannya akan bersifat argumentasi. Misalnya ketika seseorang menanyakan: “Menurutmu, apa itu artikel?” Tentu anda akan menjawabnya berdasarkan gambaran sesuai isi kepala.

Artikel memang tak lepas dari bentuk argumentasi, di samping dari informasi yang disampaikan. Karena argumentasi adalah tulisan yang berisi pendapat tentang pandangan penulis terhadap sesuatu. Sehingga argumentasi kerap kali digunakan oleh seseorang untuk menjelaskan atau mengatakan sesuatu.

3. Narasi
Narasi adalah bentuk tulisan yang menjelaskan kepada pembaca dengan cara bercerita, baik itu tentang suatu kata, kejadian bahkan peristiwa. Narasi kebanyakan digunakan dalam bentuk karya fiksi, namun bisa juga digunakan untuk nonfiksi.

Dalam menjelaskan suatu kejadian atau peristiwa, kita juga bisa menjelaskannya dengan cara bercerita, misalnya ketika ada pertanyaan: “Apa itu artikel?” kita bisa menjelaskannya dengan cara bercerita tentang artikel itu sendiri. Tentang pengalaman yang pernah dialami, atau perbandingannya dengan bentuk tulisan lain.

4. Eksposisi
Eksposisi adalah bentuk tulisan yang menguraikan secara jelas seputar informasi kepada pembaca. Dengan menjabarkan secara keseluruhan tentang informasi, teknis dan pengelolaannya. Eksposisi ini sering sekali digunakan dalam berbagai bentuk tulisan, baik itu artikel, esai, bahkan makalah.

Ketika ada suatu pertanyan: “Apa itu artikel?” eksposisi menjelaskannya dengan sangat mendetail. Mulai dari pengertian, jenis-jenis, struktur, dan juga perbandingannya dengan bentuk tulisan lain.

5. Persuasi
Persuasi adalah komunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi dan membujuk orang lain. Persuasi bersifat ajakan, melalui setiap personal mencoba mempengaruhi keyakinan dan harapan orang lain terhadap suatu hal.

Misalnya mengajak orang lain untuk agar mereka juga mampu menulis artikel. Persuasi punya cara yang komunikatif dalam penyampaiannya agar orang lain tertarik atau bahkan menggoyahkan minat seseorang terhadap karyanya yang bukan artikel.

Lebih dari sekedar ajakan, persuasi juga memiliki daya tarik dari data dan fakta dari peristiwa yang disampaikannya. Hal ini tentunya akan menambah kekuatan tulian persuasif ketika disampaikan.


Jenis apa pun yang akan anda tulis, tentunya anda perlu tahu apa itu artikel sendiri. Dengan mengetahuinya dengan berbagai versi, anda akan semakin luas dalam pengolahan kalimat dan juga gaya penyampaiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel