3 Cara Jitu Menulis Artikel yang Benar Tanpa Copas

Balerumah.com - Artikel adalah sebuah tulisan yang membahas tentang sesuatu, baik itu berupa ulasan, tutorial, berita, dan opini. Artikel biasa ditulis di berbagai media. Seperti di blog, website dan media sosial.

gambar via: pixabay

Di sini, saya akan membahas bagaimana cara menulis artikel yang benar tanpa copas. Karena tak jarang orang menulis artikel dengan cara copas. Hal ini tentunya membuat anda tidak berkembang. Berkembang secara pikiran, dan berkembang secara kreativitas. 

Karena pada dasarnya, menulis itu menuangkan ide dan pemikiran yang kreatif. Semakin unik tulisan kita, maka orang akan lebih banyak membacanya, dan bahkan merekomendasikan tulisan anda kepada orang lain.

1. Siapkan Ide
Cara menulis artikel yang benar, pertama-tama anda mesti pikirkan ide apa yang akan anda tulis, atau tema apa yang sekiranya anda kuasai. Dengan bantuan ide dan tema yang dikuasai, tulisan artikel anda akan jauh lebih berbobot.

Misalnya, anda mau menulis artikel bertema sastra, lalu pikirkan lagi ide apa yang akan ada tulis. Misalnya seperti di bawah ini:

Artikel tersebut pernah saya posting di sini. Dan artikel itu berdasarkan riset saya sendiri. Jika anda terkendala dalam meriset tulisan, anda bisa lakukan hal ke-2 ini

2. Meriset Tulisan
Jika anda kekurangan ide dalam menulis, ada hal yang bisa anda lakukan, yaitu dengan membaca artikel orang lain terlebih dahulu. Silahkan, anda menuliskan kata kunci yang anda inginkan di mesin pencarian, kemudian baca satu persatu. Baca paling tidak 5 artikel teratas.

Biasanya, 5 artikel teratas memiliki bobot yang cukup tinggi. Jadi, bisa anda jadikan sebagai acuan. Dan ingat! jangan pernah sesekali mencopy secara utuh. Pilih saja beberapa kata yang bagus. Karena, tulisan yang plagiat kini sangat mudah untuk dilacak.

3. Tulis dengan Gaya Bahasa Sendiri
Setiap penulis memiliki gaya bahasa yang unik. Sama seperti misalnya bicara  kepada orang lain. Pasti ada cara unik untuk mereka menampaikan pembicaraannya. Begitupun dengan tulisan.

Anda bisa bandingkan tulisan saya dengan tulisan yang lain. Mungkin tulisan saya terkesan lebih kaku, atau lebih santai, atau bahkan menyatu dengan pikiran anda. 

Nah, tulisan yang bagus juga menyatu dengan pikiran pembaca. Anda bisa melihat artikel saya yang lain di www.kitabinatang.com itu adalah gaya bahasa tersendri.

Jadi, buatlah gaya bahasa tersendiri sehingga artikel yang anda tulis memiliki ciri khas tersendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel