Apa Saja Jenis Artikel Berdasarkan Isi? Berikut Penjelasannya

Balerumah.com - Kita mungkin sering membaca dari berbagai media. Dari banyaknya artikel, pastinya memiliki tema dan isi yang berbeda-beda. Di sini kami akan mamaparkan mengenai apa saja jenis artikel berdasarkan isi. Sebelum lanjut, anda perlu mengenal apa pengertiannya.

Foto oleh Lisa dari Pexels

Pengertian Artikel

Artikel adalah karangan nonfiksi yang memamaparkan suatu tema secara lengkap, dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di media online maupun cetak. Tujuannya untuk menyampaikan gagasan dan ide yang dapat menambah wawasan pembaca.

Artikel bisa dimaknai secara luas karena banyaknya jenis yang bisa dipilih untuk ditulis. Penulis juga bisa memilih apa saja jenis artikel berdasarkan isi yang bisa ia kerjakan. Namun, ada kalanya penulis membuka diri terhadap tema di luar kebiasaannya. Penulis juga perlu untuk memahami berbagai teknik menulis meskipun ada beberapa yang benar-benar dikuasai.


Apa Saja Jenis Artikel Berdasarkan Isi?

Masing-masing tulisan memiliki isi yang berbeda sesuai dengan topik atau bahasan yang dibawakan penulis. Jika kita bicara jenis artikel berdasarkan isi, sebenarnya cukup banyak, namun yang kerap dijumpai di media adalah jenis-jenis di bawah ini:

1. Ilmiah
Artikel ilmiah adalah karya tulis yang memuat gagasan penelitian melalui pengamatan, penelitian, dan evaluasi, serta disajikan dalam bentuk yang terstruktur berdasarkan metode ilmiah. Membahas mengenai masalah, menjabarkan penelitiannya dalam bahasa baku dan tulisan ilmiah, serta menggunakan prinsip-prinsip ilmiah lainnya; objektif, rasio, empiris, dan konsisten.

2. Informatif
Artikel informatif berisi informasi suatu bahasan topik tertentu, dengan menjabarkannya secara jelas mulai dari pengetian, jenis, tujuan, manfaat dan lain sebagainya. Informatif ini jenis artikel berdasarkan isi sesuai dengan tema yang dibawakannya. Misalnya membawakan tema tentang organisasi, maka tulisan informatif menulisnya dengan jelas.

Selain itu, artikel informatif biasanya menggunakan bahasa yang santai dan tidak terlalu baku. Hal ini dilakukan supaya pembaca dapat mencerna dan memahami tulisan-tulisan yang dibacanya.


3. Berita
Artikel berita ditulis berupa informasi seputar peristiwa dan kejadian terbaru. Jenis tulisan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang hal-hal yang terjadi di sekitar kita. Kita mungkin setiap hari, atau pernah menemukan peristiwa kejadian yang penting dan semua orang harus tahu. Nah, di sinilah berita berperan. Oleh karenanya, jenis artikel ini sering ditemukan di berbagai media.

4. Opini
Setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing terhadap suatu hal. Pada pendapat yang dilontarkan ini, jika tertulis dalam bentuk artikel, maka disebutnya sebagai tulian opini. Mengapa demikian? Karena artikel opini adalah suatu karangan yang berisikan pendapat, ide, gagasan, kritik dan saran mengenai suatu topik bahasan. Jenis opini ini bisa ditemukan di berbagai media, di rubik terpisah.

5. Review
Artikel review berisi ulasan mengenai suatu produk. Jika kita ingin melihat kualitas produk tertentu, tanpa harus melihatnya secara langsung, kita bisa melihatnya dengan membaca tulisan review tentang produk yang hendak ktia beli.

Tentu saja, kita bukan melihat reviewnya di website produk itu sendiri, melainkan di artikel orang lain yang menjelaskan produk tersebut berdasarkan pengalaman pribadinya. Sehingga tidak ada kesan promosi dalam ulasannya, tapi murni dari pengalaman.


6. Tutorial
Dalam menggunakan suatu produk atau barang, kita sering kebingungan bagaimana cara memakainya. Dalam hal ini, yang kita butuhkan adalah tutorial. Artikel tutorial adalah tulisan konten informatif yang menjabarkan sepuar cara pemakaian. Misalnya dalam penggunaan komputer, sehingga pembaca dapat menemukan solusi atas ketidaktahuannya.

Apa pun jenis artikel berdasarkan isi yang ditulis, kebutuhannya adalah untuk menambah pengetahuan masyarakat dan juga sebagai referensi, oleh karena itu penting bagi masyarakat untuk mengetahui jenis karangan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel