Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Koneksi Internet

Balerumah.com - Bagaimana cara mengatasi laptop atau ponsel yang sedang terhubung ke WiFi, tapi tidak ada koneksi internet? Jangan khawatir, karena ada banyak cara untuk mengatasi masalah tersebut.

sumber gambar pixabay

Memang sangat menjengkelkan jika ponsel yang terlihat bisa terhubung ke WiFi, tapi ternyata tidak bisa digunakan untuk searching akibat sinyal internetnya tidak ada. Penyebab dari masalah WiFi tidak ada internet ini bermacam-macam.

Misalnya, jaringan internet padam karena cuaca buruk seperti hujan deras. Nah, karena perangkat router WiFi terganggu dan tidak dapat menyebarkan koneksi internet, maka dapat menyebabkan masalah WiFi tidak dapat mengakses Internet.

WiFi juga tidak bisa online jika gadget Anda tidak dapat menerima koneksi internet melalui WiFi.

Jika masalah ini terjadi, lalu bagaimana cara memperbaiki koneksi WiFi tetapi tidak ada koneksi internet? Berikut ini cara mengatasi WiFi tanpa internet.

Restart Router

Router atau modem adalah perangkat keras yang menyebarkan koneksi Internet ke berbagai gadget melalui jaringan nirkabel yang disebut WiFi. Anda dapat mencoba memulai ulang atau memulai ulang router.

Caranya adalah dengan mematikan router dengan menekan tombol power yang biasanya berwarna hitam yang terletak di bagian belakang perangkat. Setelah itu, tunggu beberapa saat, sekitar 30 detik, dan tekan tombol lagi untuk menghidupkan router. Tunggu beberapa saat setelah lampu indikator perangkat menyala.Biasanya diperlukan waktu sekitar 1 menit agar lampu DSL (Digital Subscriber Line) tetap menyala, menandakan sudah terkoneksi ke internet dan sudah bisa dicoba untuk digunakan.

Reboot Router

Jika Anda sudah melakukan hal di atas dan WiFi masih tidak terhubung ke internet, Anda dapat mencoba me-restart atau me-restart router atau modem Anda. Secara fungsional, me-reboot router hampir sama dengan me-reboot router, yaitu me-reboot perangkat. Bedanya restart router dilakukan dengan menekan tombol power fisik pada router atau modem. Pada saat yang sama, reboot router dengan masuk ke pengaturan router melalui alamat IP (Internet Protocol) melalui browser. 

Di Indonesia, kebanyakan router atau modem yang disediakan oleh ISP bermerek ZTE/Huawei dengan alamat IP antara 192.168.0.1 atau 192.168.1.1. Masukkan alamat di bidang pencarian situs browser Anda. Masukkan nama pengguna dan kata sandi, biasanya menggunakan kata "Admin" untuk masuk ke pengaturan router. Setelah berhasil masuk ke halaman awal pengaturan router, klik menu "System Tools", lalu klik opsi "Restart". 

Matikan dan Hubungkan Kembali WiFi Pada Gadget

Selanjutnya solusi koneksi WiFi tidak ada masalah koneksi internet adalah matikan dan sambungkan kembali WiFi di gadget. Cara ini bisa digunakan untuk menyambung kembali koneksi internet WiFi yang tiba-tiba hilang di gadget. Anda dapat mematikan sementara koneksi WiFi di ponsel atau laptop Anda. Kemudian tunggu sebentar dan sambungkan kembali gadget Anda dengan WiFi.

Selain mematikan WiFi, Anda juga bisa mengaktifkan fitur Airplane Mode di ponsel atau laptop Anda. Fitur ini dapat digunakan untuk memutuskan semua koneksi internet dengan cepat, termasuk dari WiFi. Cara mengaktifkan dan menonaktifkan Airplane Mode di laptop atau ponsel umumnya sama dengan cara menghidupkan dan mematikan WiFi. Untuk laptop Windows 10, Anda bisa mengakses menu daftar WiFi di taskbar. Setelah itu, klik ikon pesawat untuk mengaktifkan Mode Pesawat.

Cara mengaktifkan Airplane Mode di ponsel Android atau iOS sangat sederhana. Anda dapat menggulir dari atas ke bawah untuk mengakses menu Pusat Pengaturan Cepat.

Selanjutnya, klik ikon pesawat yang biasanya ada di menu secara default. Setelah mengklik ikon ini di laptop atau ponsel Anda, jaringan WiFi Anda biasanya dinonaktifkan secara otomatis. Setelah itu, tunggu sekitar 30 detik dan klik lagi ikon pesawat untuk menonaktifkan mode pesawat.

Update Driver Adaptor WiFi Pada Laptop

Selain masalah pada perangkat router, bisa juga masalah WiFi tanpa koneksi internet karena driver adaptor WiFi di laptop Anda bermasalah atau perlu diupdate. Alasan ini biasanya ditandai dengan laptop tidak bisa mendapatkan koneksi internet dari WiFi.

Sedangkan gadget lain tetap bisa mendapatkan koneksi internet dari WiFi dengan lancar. Anda dapat mencoba memperbarui driver adaptor WiFi di laptop Anda. Jika Anda menggunakan laptop Windows 10, klik ikon Windows dan masukkan kata kunci "pengelola perangkat" di kolom pencarian.

Setelah itu, klik opsi "Network Adapters", lalu klik kanan dan pilih opsi "Update Driver". Jika semua hal di atas telah dilakukan dan koneksi WiFi masih belum teratasi, Anda dapat menghubungi ISP pelanggan Anda sehingga mereka dapat mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi lebih lanjut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel