Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Mudah Dipahami

Balerumah.com - Sebelum menulis sebuah artikel, anda perlu tahu bagaimana cara menulis artikel yang baik dan mudah dipahami. Dalam membaca sebuah karya tulis, apa pun bentuknya, tentu para pembaca berharap agar tulisannya mudah dipahami. Karena dengan begitu, para pembaca akan mengikuti anda.

Sumber foto: Pixabay oleh kaboompics

Apa Itu Artikel?

Artikel merupakan jenis tulisan yang berisi tentang pendapat, ide, dan gagasan untuk mengkritisi atau membahas permasalahan yang berkembang di masyarakat. Selain itu, artikel juga sebuah karya tulis yang di dalamnya memuat opini tentang fakta, fenomena, data, dan kejadian tertentu yang ditulis dalam bahasa ilmiah.

Tujuan umum menulis artikel adalah untuk mempengaruhi, mendidik, menginformasikan, membujuk dan menghibur pembaca. Artikel biasanya dimuat di media, mulai dari majalah, surat kabar hingga website.

Cara Menulis Artikel Yang Baik

Bagaimanakah artikel yang baik itu? Anda mungkin pernah melihat tulisan-tulisan yang ada di website, di sini merupakan media yang paling banyak memuat berbagai bentuk artikel. Menurut para pembaca, tulisan yang baik itu mengandung informasi, karena artikel biasa digunakan sebagai solusi atas ketidaktahuan pembaca terhadap suatu tema, atau rasa penasaranya yang tinggi.

Bicara mengenai cara menulis artikel yang baik sebetulnya tergantung bahasa dan topik yang dibawakan oleh penulis. Namun, apa saja yang mendukung artikel menjadi baik? Mari kita simak.

1. Menggunakan bahasa semi formal
Dalam cara menulis artikel yang baik pertama-tama adalah menggunakan bahasa semi formal. Anda pasti pernah bercakap-cakap dengan bahasa Indonesia ketika bicara dengan teman sendiri. Secara tidak sadar, anda telah menggunakan bahasa semi formal.

Bahasa semi formal yang kami maksud adalah bahasa yang tidak terlalu baku dan tidak terlalu lokal. Akan tetapi berada di antara baku dan lokal. Dengan penggunaan bahasa tersebut, anda membuat daya tarik kepada pembaca sehingga mereka mudah memahami.


2. Topik yang jelas
Sebelum menulis dan membahas suatu permasalahan atau tema tertentu, anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara menulis artikel yang baik. Dengan membahas suatu topik yang jelas, konsisten dan tidak terlalu banyak bahasan yang disaut-pautkan.

Maksud dari topik yang jelas di sini adalah mengedepankan bahasan dari suatu tema, tanpa mengulang-ulang kata yang berlebih. Selain itu isi dari pembahasan yang dibawakan haruslah berisi informasi dan poin penting, sehingga pembaca dapat mengingat tulisan anda setelah membacanya.


3. Cegah pengulangan kata yang berlebih
Biasanya karena terlalu fokus dengan bahasan tema, para penulis baru tidak sadar bahwa tulisannya terdapat pengulangan kata yang berlebih. Hal tersebut sangat disayangkan karena tulisannya menjadi kurang enak dibaca. Mestinya, sebelum menulis harus memahami bagaimana cara menulis artikel yang baik.
 
Baca juga: Kamu Harus Tahu! Ini 5 Pekerjaan Halal Tanpa Keluar Rumah

Dalam beberapa hal, pengulangan kata boleh saja sesuai dengan kebutuhan. Misalnya yang terdapat pada penulisan artikel SEO. Akan tetapi di situ pun pengulangan kata yang dibutuhkan masih dalam kewajaran dan tidak mengganggu pembaca dalam memahami tulisan.

4. Gunakan unsur pendukung
Dalam menulis artikel, ada juga unsur-unsur pendukung yang dibutuhkan. Seperti misalnya gambar, video, atau bahkan kutipan dari tokoh dan ilmuan yang kompeten. Dengan adanya unsur tambahan tersebut, pembaca akan merasakan sensasi visualnya, sehingga dapat memahaminya.

Hanya dengan beberapa poin di atas, anda sudah bisa menulis artikel yang baik. Namun, anda juga perlu memperluas pengetahuan agar terhindar dari pengulangan kalimat yang berlebih. Itulah cara menulis artikel yang baik menurut versi kami. Semoga membantu anda dalam mencari informasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel