Perbedaan Artikel Dan Makalah Yang Sering Keliru

Balerumah.com - Banyak dari masyarakat terutama peserta didik, kesulitan dalam menjelaskan perbedakan artikel dan makalah. Padahal dalam segi bentuknya sudah sangat jelas berbeda. Sebelum mengetahui perbedaan kedua bentuk tulisan tersebut, baiknya kita ketahui terlebih dahulu mengenai apa itu artikel dan makalah.

Foto oleh Ekrulila dari Pexels

Pengertian Artikel dan Makalah

Artikel adalah sebuah karya tulis yang sifatnya informatif untuk disampaikan kepada pembaca. Seringkali seseorang bingung dalam mencari tahu suatu hal. Pada era modern ini, ada Google sebagai wadah untuk para penulis dan pencari informasi (pembaca)berinteraksi melalui tulisan.

Sedangkan makalah adalah sebuah karya tulis yang mengandung ide-ide ilmiah dan edukatif secara akademis. Selain itu, karanagan ini juga sering ditemukan dalam pendidikan formal, biasanya menjadi salah satu tugas yang sering disampaikan guru kepada peserta didik.

Dari kedua bentuk tulisan tersebut, seringkali publik keliru dalam membedakan antara artkel dan makalah, padahal dari segi latar penulisan memiliki perbedaan yang cukup signifian. Oleh karena itu, di sini akan diuraikan tentang perbedaannya supaya mudah untuk dipahami masyarakat.

Perbedaan Artikel dan Makalah

Secara singkat, perbedakan artikel dan makalah sebenarnya cukup mudah dibedakan. Artikel sering kita temukan dalam media publikasi baik cetak maupun digital. Sedangkan makalah hanya ada dalam kebutuhan akademik. Lebih dari itu, ada juga beberapa poin penting yang akan dijabarkan. Mari kita simak di bawah ini:

1. Bahasa tulisan
Dari bahasa tulisan, tentu sangat jelas perbedaan artikel dan makalah. Jika artikel memiliki bahasa yang santai dan tidak terlalu baku namun mudah dipahami, sedangkan bahasa dalam makalah menggunakan kalimat yang formal dan baku sesuai dengan isi pembahasan yang ada.

2. Penulisan
Perbedakan selanjutnya ada dalam format penulisan. Jika makalah memiliki struktur yang jelas sesuai dengan kaidah penulisan makalah,seperti cover, kata pengantar, dan bab-bab di dalamnya. Sedangkan artikel secara garis besar hanya ada pembukan, isi dan penutup.

3. Fungsi
Setiap bentuk tulisan pastinya memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Perbedakan dari kedua bentuk tulisan ini, dari segi fungsi sudah terlihat jelas. Jika artikel berfungsi sebagai sarana informasi yang diberikan kepada publik, sedangkan makalah berfungsi sebagai sarana penulisan ilmiah.

Lebih dari itu, peran artikel dalam masyarakat juga sebagai sarana mencari pengetahuan baru. Misalnya ketika membuka media berita, kemudian di dalamnya terdapat berbagai rubik artikel. Apabila masyarakat melihat judul yang dirasa dibutuhkan, masyarakat akan segera membacanya.

Sedangkan peran makalah dalam masyarakat digunakan sebagai sumber yang otentik untuk dijadikan sebagai referensi pembahasan dan juga penulisan selanjutnya. Oleh karena itu, dari keduanya sama pentingnya bagi kebutuhan masyarakat.

4. Tujuan
Bentuk tulisan yang baik adalah bentuk yang memiliki tujuan yang konsisten. Dari perbedaan artikel dan makalah, terlihat jelas perbedaan antara tujuan pembuatan kedua karangan ini. Jika pembuatan artikel ditujukan kepada pembaca untuk memberikan informasi yang akurat, terpercaya dan juga menambah pengetahuan.

Berbeda dengan tujuan pembuatan makalah. Dalam penulisannya, makalah bertujuan untuk memberikan paparan yang sangat jelas dari segi pembahasan. Penulisannya pun dibuat dengan cara yang rasio dan empiris, sehingga tak heran jika banyak terdapat daftar pustaka di belakangnya.

Baik artikel maupun makalah, tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dari uraian tentang perbedaan artikel dan makalah, semoga dapat membantu masyarakat dalam memahami bentuk tulisan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel