Pengertian Reptil, Ciri dan 7 Contohnya

Reptil adalah hewan vertebrata berdarah dingin yang memiliki tubuh tertutup sisik, tepurung, atau kombinasi keduanya. Contoh reptil misalnya pada buaya, ular, kadal, dan kura-kura. Semua secara teratur menunjukkan lapisan luar kulit mereka. Metabolisme reptil tergantung pada suhu lingkungan.

Gambar oleh Michael Kleinsasser dari Pixabay 
Tidak seperti burung dan mamalia, hewan reptil tak mempertahankan suhu tubuh yang konstan. Tanpa bulu atau bulu untuk insulasi, reptil juga tidak bisa tetap hangat di hari yang dingin, dan tanpa kelenjar keringat atau kemampuan untuk terengah-engah, dan reptil tidak bisa dingin di hari yang panas. 

Sebaliknya, mereka pindah dari matahari ke tempat teduh sesuai kebutuhan. Selama musim yang lebih dingin, reptil cenderug tidak aktif. Karena metabolisme lambat dan perilaku mencari panas, reptil berdarah dingin.

Reproduksi reptil juga tergantung pada suhu. Hanya boas dan piton yang melahirkan anak hidup. Spesies lain bertelur di sarang, lalu pergi. Anak-anak menetas berhari-hari hingga berbulan-bulan kemudian. Suhu tanah sangat penting selama penetasan, ini menentukan berapa banyak tukik jantan atau betina. 

Reptil muda dapat meluncur, berjalan, dan berenang dalam beberapa jam setelah lahir. Reptil pertama kali muncul dalam catatan fosil 315 juta tahun yang lalu dan merupakan hewan paling banyak selama era Mesozoikum, yang berlangsung selama 270 juta tahun hingga punahnya dinosaurus.

Ciri Ciri Reptil
Reptil temasuk hewan yang unik. Walaupun memiliki ciri merangkak dan sama-sama masuk dalam kelas reptil, ada beberapa spesies reptil ini memiliki karakter dan perilaku yang berbeda. Agar tidak salah dalam merawat reptil, Anda perlu mengetahui sifat dan perilaku reptil yang akan Anda miliki.

Secara umum, Reptil bisa diketahui dengan cara melihatnya dari ciri ciri seperti di bawah ini :

  1. Reptil memiliki sisik (Scales). Sisik-sisik kecil, lempengan keras yang terbuat dari protein yang disebut keratin. Scute merupakan cangkang kura-kura dan Kulit buaya dan sangat mirip dengan sisik. Berbeda dengan sisik (Scales), Scute merupakan struktur tulang dan berkembang pada tingkat kulit yang lebih dalam daripada sisik. Baik sisik dan Scute berfungsi untuk memberikan perlindungan fisik dan membantu mencegah kehilangan air melalui kulit.
  2. Reptil adalah hewan yang memiliki tulang belakang atau biasa disebut dengan vertebrata.
  3. Semua reptil berkembang biak dengan bertelur (ovipar), meskipun ada beberapa hewan melata dari golongan spesie squamata yang melahirkan.
  4. Semua reptil memiliki ciri khusus yakni tubuh yang bersisik.
  5. Hewan reptil merupakan hewan berdarah dingin dengan artian mereka mampu mengontrol suhu tubuh mereka sendiri.
Contoh Reptil:
Ular, buaya, kura-kura, komodo, iguana, buglon, kadal.

Baca juga:
Mengetahui ciri-ciri reptil akan membantu dalam merawat reptil. Selain itu, mengetahui temperamen reptil juga akan membantu untuk menghindari serangan berbahaya dari reptil. Dan banyak komuitas reptil yang selalu terbuka untuk diskusi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel