Omnivora: Definisi, Karakteristik dan Contoh

Omnivora adalah hewan yang memiliki sediaan makanan lebih banyak, ia memakan tumbuhan dan hewan yang ada di sekitarnya. Berbeda dengan hewan lainnya, sepeti herbivora yang hanya memakan tumbuhan, atau karnivora yang memakan daging. Omnivora tidak pernah kesulitan mencari makanan.

sumber gambar: pixabay
Definisi Omnivora
Istilah omnivora berasal dari bahasa Latin "omnivorus", kombinasi dari "omnis", yang berarti "semua" atau "segalanya" dan " -vorus", yang berarti "-makan" atau "-melahap". Kondisi atau tindakan memakan hewan dan tumbuhan atau berbagai materi dari tingkat trofik yang berbeda disebut sebagai omnivora . Kata "omnivora" digunakan untuk menggambarkan atau berkaitan dengan omnivora.

Karakteristik Omnivora
Hewani maupun tumbuhan adalah makanan utama bagi omnivora. Hewan dengan jenis ini tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Misalnya, tidak memiliki kantong penyimpanan dan pencernaan khusus (seperti tanaman dan tempat fermentasi) yang umum pada herbivora. 

Omnivora juga tidak memiliki gigi seperti pada karnivora yang tajam dan digunakan untuk menangkap dan merobek daging mangsanya. Demikian pula, herbivora tidak memiliki gigi karnivora karena mereka tidak perlu menerkam makanannya. 

Akan tetapi, beberapa herbivora, misalnya berang-berang, dapat menumbuhkan giginya terus menerus sepanjang hidupnya. Hal itu karena beberapa bahan tanaman (misalnya selulosa) sangat abrasif pada gigi mereka. Omnivora tidak dapat menumbuhkan kembali gigi sebanyak beberapa herbivora. Namun demikian, gigi mereka cukup untuk membuka buah dan memakan bahan tanaman yang tidak terlalu keras. 

Baca juga:
Contoh Hewan Omnivora
Omnivora adalah hewan pemakan segala, baik tumbuhan maupun hewan. Contoh hewan omnivora adalah ayam, ikan lele, musang, babi, angsa, kelelawar, landak, burung kutilang, tupai, jalak, dan masih banyak lainnya. 

1. Ayam
Di sekitar lingkungan tempat tinggal biasanya banyak dan bervariasi. Ayam dilihat dari pakannya, ia doyan memakan tumbuhan seperti jagung, beras, di samping itu juga doyan cacing, jangkrik. Oleh karena itu, ayam juga termasuk bagian dari hewan mnivora.

2. Ikan lele
Ikan lele juga termasuk omnivora, karena apa saja dimakannya. Baik itu sayuran maupun serangga, ketika sudah masuk ke kolam ikan, pasti habis tak tersisa. Kerakusan ikan iniilahyang menjadikannya omnivora.

3. Musang
Mungkin hewan ini sudah banyak diketahui bahwa ia termasuk golongan omnivora, karena makanannya yang luas. Ia bisa memangsa hewan lainya seperti ayam, burung, akan tetapi juga mengkonsumsi buah buahan.

4. Kelelawar
Hewan yang aktif pada malam hari ini, jarang dilihat bagaimana cara ia memakan. Kelelawar memiliki makanan yang variatif, ia memakan tumbuhan, seperti buah, dan juga serangga seperti cicak pohon.

5. Jalak
Burung jalak tiak jauh beda dengan kelelawar, ia juga memakan buah dan serangga. Burung ini tergolong burung yang rakus karena lebih cepat menghasbiskan makanan. Jalak memakan buah seperti pisang, pepaya, dan juga serangga seperti jangkrik dan ulat.

Kelima contoh tersebut hanyalah sebagai sampel. Tentunya di sekitar kita masih banyak hewan lainnya yang tergolong omnivora.  Bukan hanya mamalia, reptil dan unggas pun juga termasuk omnivora apabila memakan hewan dan tumbuhan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel