Cara Menulis Daftar Rujukan yang Umum Digunakan

Dalam menulis, sesekali kita akan membutuhkan daftar rujukan. Fungsinya adalah untuk memperkuat gagasan yang dituliskan. Caranya sangat mudah, tidak seperti daftar pustaka atau catatan kaki, rujukan lelbih menjuru pada sumbernya.

Gambar oleh Pexels dari Pixabay 

Banyak sumber yang bisa digunakan untuk menulis sebuah karya ilmiah. Akan tetapi karya tulis tersebut akan lebih kuat gagasannya dengan mencantumkan kutipan. Salah satunya daftar rujukan. Di sini akan dibahas bagaimana cara membuat daftar rujukan.

Daftar rujukan tentunya berbeda dari daftar pustaka. Daftar rujukan dibuat dengan cara menuliskan secara langsung kutipan, baik itu dari sumber media cetak maupun online. Daftar pustaka berbeda, dibuat dengan cara menuliskan pustaka yang pernah dibaca oleh penulis, sehingga menginspirasi penulis dalam membuat karyanya. 

Sumber Rujukan
Sumber rujukan bisa dari mana saja, baik media cetak maupun online.

1. Media cetak
Sumber untuk dirujuk dengan media cetak antara lain seperti buku, jurnal, makalah, dan apa pun yang berbentuk fisik, selagi masih relevan utuk dikutip. Rujukan wajib mencantumkan nama penulis, judul buku, cetakan, dan halaman pada paragfraf. Dengan begitu pembaca tidak ragu dan bisa membuktikannya secara langsung.

2. Media online
Seperti web, jurnal pdf, dan saluran lainnya yang menggunakan internet dalam mengaksesnya. Rujukan untuk media online juga wajib mencantumkan link atau nama website agar pembaca bisa mengaksesnya secara langsung.


Cara Menulis Daftar Rujukan
Menulis daftar rujukan tidak jauh berbeda dengan daftar pustaka. Untuk media cetak memiliki standar penulisan seperti di bawah ini:

(1) nama penulis, (2) tahun penulisan, (3) judul buku, (4) kota penerbit, dan (5) nama penerbit.

Contoh: 
Khan, Inayat. 1926. Dimensi Mistik, Musik dan Bunyi. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Sufi

Sedangkan untuk media online:

(1) nama, (2)tahun penulisan, (3) judul, (4) penerbit, dan (5) waktu akses khusus untuk internet.

Contoh dari jurnal: 

Riskitavani Denada Visitia, Purwani Kristanti Indah. 2013. Studi Potensi Bioherbisida Ekstrak Daun Ketapang (Terminalia catappa) terhadap Gulma Rumput Teki (Cyperus rotundus). Diakses 8 Sep 2022 dari https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/3593 

atau seperti ini, dari web:

Wahyudi, Rahmat. 2020. Cara Membuat Laporan Praktikum yang Sesuai dengan Susunannya. Diakses dari 
https://www.balerumah.com/2020/12/cara-membuat-laporan-praktikum-yang.html 

Cara menulis daftar rujukan yang umum adalah seperti di atas. Tanyakan kembali kepada guru/dosen anda barangkali ada yang dibedakan secara khusus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel