Cara Mengatasi Kecanduan Gadged Pada Orang Dewasa Hanya dalam Waktu Seminggu

Bamerumah.com – Di zaman yang canggih ini, kita kerap kali tak lepas dari penggunaan gaded. Tidak hanya untuk anak-anak, bahkan orang dewasa pun bisa saja kecanduan. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya karena kebutuhan.

Via: Pixabay
Kita menggunakan gadged karena banyak kebutuhan, bahkan terkadang kebutuhan itu tidak penting-penting sekali. Seperti misalnya kebutuhan bermain game, mengunggah status, atau bahkan berkomunikasi dengan orang yang tak dikenal. Oleh karena itu, sebagai orang dewasa, anda mesti membatasi penggunaan gadged yang berlebihan agar hidup keseharian berjalan dengan normal.

Di sini, Bale Rumah akan memberikan beberapa cara agar anda bisa mengatasi penggunaan gadged yang berlebihan. Simak sampai habis agar anda mendapat pencerahan.

1. Berniat untuk Mengurangi Penggunaan Gadged
Pertama-tama yang hatus anda lakukan adalah berniat. Sebelum anda memutuskan
untuk melakukan segala cara agar tujuan tercapai. Karena,  bila kita melakukan sesuatu tanpa sebelumnya berniatan, maka kita akan lalai melakukannya.

Niat patut kita awali dengan landasan yang kokoh. Maksidnya, anda perlu memikirkan untuk apa mengurangi, dan apa yang akan anda dapat jika sudah berhenti nanti. Sebab, apa yang kita lakukan kelak akan berbuah hasil. Apabila tidak ada niat dalam diri anda, maka anda tidak mendapatkan kesenangan atas keberhasilan yang anda lakukan.

Awali segala sesuatu dengan niat yang tulus, pengaruhi diri anda dengan hal-hal positif. Supaya keberhasilan datang dengan cepat.

2. Ketahui Penyebab Kecanduan
Kecanduan memang sulit diatasi, tapi bukan berarti kita tidak bisa mengatasinya. Dibutuhkan waktu dan kesabaran yang ekstra agar bisa hidup normal. Sebenarnya, banyak sekali penyebab orang kecanduan gadged, salah satunya karena game.

Game memang sebuah kebutuhan yang kita gunakan sebagai hiburan. Namun bila berlebihan justru akan menyebabkan kecanduan.

Selain game, ada penyebab lain. Mungkin kebiasaan anda melihat status orang lain, atau bahkan obrolan pesan dengan orang yang anda cintai. Itu semua sah-sah saja, asalkan ada waktu untuk anda beristirahat dengan tenang tanpa menggenggam gadged. Ketahuilah penyebab dalam diri anda lebih dalam, agar anda bisa mengkalkulasikannya.

3. Hapus Aplikasi Tertentu
Hal ini bisa kita lakukan jika memang sudah tepat menemukan penyebab dari kecanduan. Misalnya kecanduan game atau sosial media tertentu, anda bisa menghapus aplikasinya. Tak perlu menghapus akunnya, hapus saja aplikasinya. Sebab, kita tidak tahu jika suatu saat akan kita gunakan kembali. Mulailah hidup normal tanpa menggunakan gadged setiap waktu.

Manfaat dari menghapus aplikasi ini merupakan langkah yang tepat, karena jika aplikasi tersebut sudah terhapus, otomatis anda akan kebingungan mau melakukan apa. Dan setelah itu, yang anda lakukan ialah membaca buku, mendalami sesuatu yang anda sukai. Dengan begitu, hidup anda akan efektif dan mampu bersosialisasi dengan baik.

Baca juga: 12 Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar yang Menghunjam

4. Menjalani Hobi
Hobi adalah kegiatan apa pun yang kita sukai, yang mungkin sering terhambat kita lakukan karena terlalu banyak aktivitas modern yang kita jalani. Dengan melepas gadged, tentu kita akan mampu fokus memdalami hobi, memperluas interaksi dengan kawan sehobi, atau mungkin membangun sebuah pertemuan untuk hobi.

Apa hobi anda? Mungkin sebagian orang akan bingung ketika memikirkan ini. Tapi, tenang saja. Banhak hal yang bisa kita jadikan sebagai hobi. Karena, hobi tidak menetap, terkadang kita bisa saja berpindah hobi asalkan itu cocok dengan diri kita. Antara lain hobi yang paling umum adalah bermain musik, menulis, membaca, membuat karya seni, fototgrafi atau bahkan beternak hewan peliharaan. Masih banyak hobi-hobi yang bisa anda pilih, asalkan anda suka dan komitmen untuk menjalaninya.

Baca juga: Lakukan Hal Ini untuk Mengisi Waktu Luangmu Agar Bermanfaat! 

5. Bermain dengan Orang Terdekat 
Terkadang terlalu banyak aktivitas di luar sana, membuat kita jarang sekali berkumpul dan bermain dengan orang terdekat. Seperti keluarga, sahabat, teman dan lain-lain. Pekerjaan dan organisasi biasanya sebagai faktor utama dari akibat tidak bisa berkumpul. Maka sebaik mungkin anda bisa memgatur waktu, mengisi waktu agar hubungan semakin erat.

Selain itu, orang-orang terdekat juga mampu mengatasi rasa jenuh ketika anda sehabis kerja, sehabis mengerjakan sesuatu di luar rumah. Pada saat pulang kerja, anda bisa melepas gadged dan berbagi bercerita dengan orang terdekat. Dengan begitu, hubungan anda akan semakin erat dan perlahan anda bisa mengatasi kecanduan gadged.

Demikian ulasan dari Bale Rumah, semoga setelag membaca artikel ini, anda bisa mengatasi kecanduan bermain gadged.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel