Begini Cara Membuat Makalah Agar Nilaimu Bagus

Balerumah.com - Makalah adalah salah satu karya tulis ilmiah yang dibuat berdasarkan hasil pengamatan maupun penelitian siswa dan mahasiswa. Makalah ini biasanya digunakan sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah dan atau kampus.

Via: Pixabay
Banyak sekali yang membuat makalah degan cara mencoppy- paste tulisan-tulisan yang ada di internet. Oleh karena itu, di sini Bale Rumah akan memberikan cara agar anda tidak selalu mencoppy- paste tulisan di internet. Karena tulisan plagiat dalam tulisan itu bisa dilacak dan gampang banget buat nyari tahunya.

Oke, kira-kira sepert inilah cara membuat makalah biar nilaimu bagus.

1. Pahami susunannya
Sebelum membuat makalah, anda perlu tahu apa saja susunan dalam membuat makalah dan bagaimana cara penulisannya. Susunan makalah seperti:

Cover
Kata Pengantar
Daftar isi
BAB 1 Pendahuluan: Latar belakang, tujuan, perumusan masalah
BAB 2 Pembahasan: pengertian, jenis, metode dll
BAB 3 Penutup: kesimpulan dan saran
Daftar Pustaka

Setelah anda tahu susunan makalahnya, kemudian barulah siapkan materi yang akan dimasukkan ke dalam makalah tersebut.

Baca juga: Cara Menulis Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber

2. Siapkan bahan materi
Pertama yang anda perlu siapkan yaitu bahan materi. Bahan materi ini bukan hanya ada di internet, namun juga ada di buku, dan sumber lainnya. Ketika anda telah menyiapkan materi, jangan semuanya langsung di coppy- paste, karena itu akan menjadikan tulisan anda sebagai plagiat.

Maka ada baiknya anda menuliskan secara acak. Misalnya di bagian pengertian, di situ bisa anda masukkan berbagai macam versi pengertian. Pengertian menurut Wikipedia, menurut pakar, menurut sumber buku dan lain-lain. Intinya, coba anda orisinalitaskan tulisan anda. Jangan hanya menyalin secara keseluruhan.

Selain itu, apabila makalah dikumpulkan dalam mentuk soft file, justru akan lebih mudah melihat apakah itu ketikan asli atau bukan, plagiat atau tidak. Karena kalau demikian akan mengurangi nilai tugas anda. Bukan Cuma itu, apabila guru atau dosen tidak terima, bahkan makalah itu ditolak. Jadi sia-sia,bukan?

Baca juga: Cara Membuat Laporan Praktikum yang Sesuai dengan Susunannya

3. Pengerjaan
Pada ketika anda mulai mengerjakan makalah, pastikan sudah siap bahan- bahan materinya. Siapkan bahan materi minimal 3 sumber. Agar lebih mudah ketika menyusun makalah.

Karena biasanya dalam makalah, terkadang ada saja yang tidak lengkap bangiannya. Nah, maka dari itu, saya sarankan untuk disiapkan minimal 3 bahan materi.

Untuk pengerjaan makalah, usahakan dilakukan jauh- jauh sebelum waktu habis atau deadline. Supaya pengerjaannya pun tidak terlalu terburu-buru. Sehingga hasil makalah menjadi maksimal.

Kurang lebihnya seperti itu…

Apabila artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke sosial media agar temanmu membaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel