Manfaat Dan Khasiat Buah Naga Bagi Tubuh

Balerumah.com - Buah naga merupakan buah yang bisa kita temui di pasaran, dengan warna merahnya yang mencolok dan rasanya yang sedap membuat buah ini menjadi buruan bagi sebagian orang. 

Buah ini memiliki kulit yang tebal, rupanya seperti kulit atau sisik naga. Mungkin itu sebabnya buah ini sehingga disebut buah naga.

sumber foto: pixabay
Buah naga memiliki biji yang sangat kecil, sehingga tidak berbahaya jika dimakan dengan dagingnya. 

Buah naga memiliki berbagai manfaat dan khasiat dalam tubuh kita. Apa saja itu? 

1. Menjaga kesehatan usus
Kandungan prebiotik dalam buah naga mampu menjaga keseimbangan dalam usus. Prebiotik adalah senyawa dalam makanan yang menginduksi pertumbuhan atau aktivitas mikroorganisme menguntungkan seperti bakteri dan jamur.

Itu sebabnya buah naga ini bermanfaat bagi kesehatan usus. Terlebih lagi buah naga dapat membantu perkembangan dua bakteri, bakteri asam laktat dan bakteri bifidobacteria.  

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Buah naga juga bermanfaat menjaga sistem kekebalan tubuh, alias imun. Dengan kekuatan vitamin C dan karoteniod membuat tubuh menjadi lebih vit. 

Bukan hanya itu, vitamin C dan karotenoid dalam buah naga mampu melindungi sel darah putih dari kerusakan. 

Sel darah putih ini dalam sistem imun berguna untuk menyerang dan menghancurkan zat berbahaya dalam tubuh.

3. Menurunkan gejala flu dan batuk
Buah naga juga memilki manfaat membantu meringankan gelaja flu dan batuk. Hal ini dikarenakan buah naga mempunyai kandungan vitamin C di dalamnya. Walaupun vitamin ini bukan pengganti obat, tetapi buah naga dapat membantu menurunkan gejala flu dan batuk. 

Dalam hal ini mengonsumsi makanan atau buah yang mengandung vitamin C, dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kita, sehingga dapat mempercepat penyembuhan flu dan batuk.

4. Membantu menurunkan berat badan
Buah naga memiliki manfaat menurunkan berat badan, sehingga buah ini cocok untuk dijadikan cemilan sehari-hari. Hal ini karena buah naga kaya akan serat dan rendah kalori, cocok sekali untuk anda yang ingin menurunkan berat badan, aman bagi yang sedang dalam proses penurunan berat badan. 

Dengan mengonsumsi buah naga, anda akan merasakan kenyang lebih lama dari dagingnya, sehingga anda pun akan menurunkan porsi makan. Selain tu, anda pun bisa terhindar dari obesitas.

5. Kaya akan zat besi
Pada dasarnya semua orang membutuhkan zat besi guna menjaga kesehatan darah. Zat besi penting karena bermanfaat dalam pembentukan hemoglobin di dalam darah. Hemoglobin itu sendiri berfungsi untuk membawaa oksigen dari paru-paru ke seluruh sel-sel pada tubuh. 

Nah, jika kadar hemoglobin kita tercukupi, maka anemia tidak akan terjadi.

Bukan hanya itu, zat besi pada buah naga juga mampu menunjang tumbuh kembang dan meningkatkan kecerdasan anak. Maka jangan ragu bila ingin memberikan buah naga pada anak.

Baca selanjutnya:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel