Etika Menghubungi Dosen Bagi Mahasiswa Baru

Balerumah.com - Bagi anda yang baru saja menjadi mahasiswa, belum berpengalaman dalam menghubungi dosen baik secara tatap muka maupun online, anda mastinya mempersiapkan beberapa hal yang perlu anda ketahui. Hal yang dimaksud di sini adalah etika. 

sumber gambar: pixabay
Ya, etika sangat berpengaruh bagi dosen. Anda adalah seorang mahasiswa, bukan siswa lagi, sedangkan dosen bagi anda adalah mahaguru.

Beberapa mahasiswa di kampus ditunjuk sebagai penanggungjawab mata kuliah. Sebelum kuliah dimulai, tentunya di penanggung jawab harus mengkonfirmasi terlebih dahulu terkait jadwal dosen di kelas. 

Konfirmasi dilakukan agar mahasiswa tahu dosen siap masuk kelas atau tidak.  Karena dikhawatirkan ada halangan yang membuat dosen tidak bisa hadir. Untuk menghubungi dosen saat mengkonfirmasi mata kuliah, ada beberapa yang mesti anda perhatikan sebagai mahasiswa. 

1. Hubungi di waktu yang tepat
Ketika ingin menghubugi dosen baik di ruangan maupun lewat chat. Anda sebagai mahasiswa perlu perhatikan waktu yang tepat. Misalnya pada saat jam kerja, ketika dosen ada di ruanganya (bukan ruangan kelas lain). Hal ini dilakukan supaya mahasiswa tetep menjaga etikanya di lingkungan kampus.

Jika ingin menghubungi dosen lewat chat, usahakan jangan terlalu dadakan. Artinya, sehari atau beberapa jam sebelum mata kuliah dimulai, anda harus mengkonfirmasi terkait kehadirannya. Untuk jam chantnya, usahakan jangan lewat dari jam 9 atau 10 malam. Itu adalah waktu istirahat. Tidak sopan jika mahaiswa baru menghubungi dosen pada jam-jam segitu.

Ada satu lagi, mungkin ini tambahan saja. Ketika anda menghubungi dosen lewat chat, misalnya lewat Whatsapp, usahakan gunakan foto profil yang sopan dan tidak alay. Karena dosen akan menilai kepribadan anda.

2. Etika bicara bertemu dosen
Bicara dengan dosen, jangan samakan seperti bicara dengan guru. Guru memang sebagai orang tua di sekolah, tetapi dosen adalah mahaguru. Anda harus membedakannya. Karena kepribadian anda akan diuji ketika berhadapan dengan dosen.

Untuk bicara dengan dosen, pertama-tama jangan lupa mengucapkan salam. Misalnya: 
“Permisi Pak/Bu. Selamat Siang.”

Kemudian mengenalkan diri anda sedikit tentang nama dan kelas. Setelah itu ucapkan apa yang ingin disamaikan dengan tutur kata yang sopan dan jelas. Misalnya mau konfirmasi beberapa jam lagi ada mata kuliah di kelas.

Contoh; Maaf mengganggu Pak. Saya Wahyu dari kelas Farmasi B. Mau konfirmasi Pak, nanti jam 2 kelas kami ada mata kuliah Bapak. Ada yang perlu saya sampaikan ke teman-teman kelas?

Anda bisa bicara menggunakan bahasa versi anda sendiri.

3. Etika chat dosen
Ketika menghubungi dosen secara online, chat anda kepada dosen juga mesti diperhatikan. Mengenai waktu, profil ada, dan bahasa yang disampaikan. Waktu untuk menghubugi dosen sebenanya bisa kapan saja, asalkan jangan dadakan. 

Untuk batas waktuya paling malam jam 9 atau 10 malam. Karena itu adalah jam istirahat mereka. Meskipun terkadang jam 11 malam dosen masih online, anda sebagai mahasiswa baru tidak sopan jika menghubunginya terlalu larut malam. Kecuali memang ada tugas yang dikumpulkan maksimal jam 12 malam. Itu tidak apa. 

Cara menghubungi dosen lewat chat sama seperti bicara di hadapannya. Bedanya jika di chat berikan ucapan terimakasih di akhir kalimat.

Contoh: 
Selamat Sore Pak. Maaf mengganggu. Saya Rahmat Wahyudi dari kelas farmasi B. Mau konfirmasi Pak, besok jam 8 pagi kelas kami ada mata kuliah Bapak. Ada yang perlu saya sampaikan ke teman-teman di kelas?
Terimakasih. 

Kurang lebihnya seperti itu etika menghubungi dosen. Perlu anda ingat etika anda kepada dosen dinilai secara kepribadian. Mungkin tidak dalam bentuk nilai, tapi dalam bentuk soft skill. Maka anda sebagai mahasiswa juga perlu menjaga hubungan baik dengan dosen. 

Baca berikutnya:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel