12 Macam Pekerjaan di Bidang Jasa Tanpa Butuh Ijazah

Balerumah.com - Sempitnya lapangan pekerjaan membuat banyak orang kebingungan atas apa yang harus dilakukannya.

Apalagi, kerja di era sekarang sangat diperlukan ijazah. Bahkan untuk seorang petugas kebersihan.


Sebenarya ada banyak pekerjaan di bidang jasa yang tidak memerlukan ijazah, hanya saja dibutuhkan keterampilan dalam diri sendiri.

Di sini, Bale Rumah akan memberikan beberapa pekerjaan di bidang jasa.

1. Pangkas Rambut
Memangkas rambut harus diawali dengan keterampilan dan kemampuan untuk merubah gaya rambut orang lain.

Keterampilan ini bisa dipelajari secara otodidak, atau belajar dari orang lain yang sudah berpengalaman.

Agar yang dicukur merasa puas dengan penampilannya, sehingga pelanggan yang senang akan datang dan bahkan menjadi langganan.

2. Semir Sepatu
Jasa semir sepatu masih banyak diminati di kalangan desa, namun di kota sudah mulai jarang.

Penjualan jasa seperti ini biasanya berjalan kaki keliling desa dan perumahan untuk mencari pelanggan.

Semir sepatu lumayan mudah dikerjakan, hanya membutuhkan alat semir seperti kuas dan pewarna.

Baca juga: Kamu Harus Tahu! Ini 5 Pekerjaan Halal Tanpa Keluar Rumah

3. Penjahit
Yang satu ini pasti banyak di kangan rumah kita. Biasanya terdapat di kios pinggir jalan dan juga keliling naik gerobak sepeda.

Penjahit merupakan profesi di bidang jasa yang membutuhkan keahlian dan pengalaman menjahit.

Karena pekerjaan ini punya resiko yang besar, yaitu apabila ketika mengerjakan baju pelanggan tidak sesuai dengan keinginannya, atau justru bajunya malah sobek, pelanggan akan merasa kecewa dan bahkan meminta ganti rugi.

4. Ojek Online
Ojek adalah pekerjaan di bidang jasa yang mengantar seseorang atau barang pada suatu tujuan.

Di era sekarang, ojek sudah bisa kita pesan secara online. Jadi kita tak perlu repot - repot lagi mencari pangkalan ojek untuk berpergian.

Jika anda punya sepeda motor beserta kelengkapan suratnya, tentu bisa anda menjadi pekerja ojek online.

Dan jangan salah, banyak juga orang yang menjadikan ojol ini sebagai kerja sampingan. Jadi anda tak perlu enggan untuk mencari uang.


5. Supir
Supir merupakan profesi yang menggunakan jasa keahlian dalam menyetir. Sebab tidak semua orang pandai menyetir.

Selain itu, supir juga dicari oleh orang bukan karena orang itu tidak pandai menyetir. Tapi lebih memilih praktisnya saja.

Apabila anda mempunyai bakat menyetir, dan bingung mau kerja apa, lebih baik tawarkan jasa anda kepada orang yang punya mobil.

Dengan begitu, barangkali ada yang berminat menjadikan anda sebagai supir pribadi.

6. Kurir
Di tahun ini telah banyak lowongan menjadi kurir, baik yang dari online maupun pos. Kurir merupakan jasa pengiriman barang yang dilakukan secara langsung.

Apabila anda belum gawai  dan anda orang yang suka berpergian, pekerjaan ini cocok untuk anda. Karena tak semua orang suka perjalanan jauh dan disibukkan oleh kemacetan.

Baca juga: Inilah 6 Pekerjaan Ringan yang Cocok untuk Introvert

7. Buruh Tani
Beda halnya dengan petani, buruh tani ini hanya pekerja yang menggunakan jasa merawat sawah milik orang lain hingga panen. Sedangkan petani adalah si empunya lahan atau sawah. Buruh tani biasanya akan dibayar setelah panen usai.

Upahnya tergantung kesepakatan mereka. Yang pasti buruh tani juga dapat jatah padi untuk ia bawa ke rumah.

8. Tukang Kebun
Hampir sama dengan buruh tani, hanya saja tempat ia bekerja di ladang atau kebun. Di sebuah desa, kebun berlahan luas dimiliki oleh seorang juragan, dan juragan ini yang mempekerjakan tukang kebun.

Atau ada juga yang menggunakan jasa ini untuk merawat tanaman di rumah seorang majikan yang tak sempat merawat tanamannya. Sama halnya seperti pembantu rumah tangga, hanya saja ini pekerjaan pria.

9. Tukang Bangunan
Tukang bangunan yaitu pekerjaan di bidang jasa yang bekerja membangun rumah, gedung, dan jalanan. Tukang bangunan atau biasa disebut kuli, memiliki seorang bos dan mandor yang menerima karyawan baru sebagai salah satu tenaga kerjanya.

Upah yang didapatkan tergantung dari kesepakatan bos dan pemilik sarana bangunan. Ada yang dibayar perhari dan ada juga yang borongan. Pekerjaan ini termasuk kategori berat, karena menggunakan kekuatan fisik ekstra. Maka dari itu upah yang didapatkan harus setara dengan keringatnya.

10. Pasang Stiker
Kita mungkin sering lihat aksesoris dan wall paper di dinding kafe maupun restoran. Untuk memasang itu, dibutuhkan ketelitian dan pengalaman melakukannya. Karena kalau tidak, memasangnya nanti bisa miring. Bahkan tak sesuai dengan keinginan kita.

Untuk itu, dibutuhkan jasa pemasangan stiker. Bagi anda yang bisa, alangkah baiknya membuka jasa ini kepada orang lain. Selain itu, jasa ini juga bisa sebagai kerja sampingan anda. Berhubung tidak banyak orang yang bisa.

Baca juga: Cara dan Contoh Surat Lamaran Kerja yang Berpotensi Diterima

11. Jasa Cuci Motor
Pengguna kendaraan lebih memilih mencuci kendaraanya di steam ketimbang mencuci sendiri. Hal ini dikarenakan pemilik kendaraan yang tak mau repot membersihkannya.

Jika anda kebingungan mencari pekerjaan menggunakan jasa, anda bisa mencoba yang satu ini. Anda bisa tawarkan jasa kepada pemilik steam, atau jika anda punya alatnya, bisa juga buka steam sendiri.

Sebab dari ini tak perlu belajar banyak untuk bisa cuci motor. Cukup pelajari apa saja yang tak boleh disemprot air, seperti misalnya lubang knalpot. Dengan begitu anda bisa mendapatkan uang dari jasa yang anda berikan.

12. Pembantu Rumah Tangga
Adalah pekerjaan yang memakai jasa sehari - hari dalam kegiatan di rumah. Seperti misalnya memasak, mencuci, menyapu dan lain - lain.

Pembantu ini pastinya seorang wanita, sedangkan pria biasanya menjadi tukang kebun dan supir. Upah yang didapatkan sesuai dengan kesepakatan antara pembantu dan majikannya sebelum mempekerjakannya.

Mencari pekerjaan di bidang jasa memang membutuhkan kesabaran. Selain banyaknya saingan, banyak juga cobaan yang akan dihadapi. Tentu saja, semua pekerjan memiliki kelebihan dan kekurangan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel