Cara dan Contoh Membuat Resume dengan Mudah Tanpa Ribet

Balerumah.com - Resume merupakan ringkasan dari sebuah kalimat dengan cara memotong dan mengambil bagian pokok kalimat. Resume bisa juga digunakan untuk meringkas isi pikiran pengarang.

Menurut KBBi, resume berarti ringkasan /ikhtisar. 

gambar via pixabay
Resume atau ringkasan adalah suatu susunan dari berbagai inti suatu karangan yang panjang, menjadi bentuk yang lebih pendek. Dengan syarat tidak mengubah gagasan utama pada teks tersebut. 
Atau lebih jelasnya, ringkasan dan resume dapat diartikan “penyajian bentuk karangan/bahan bacaan yang panjang menjadi lebih pendek.”

Kata “Resume” ini juga seringkali dipakai dalam dunia kerja atau karir yang diistilahkan sebagai daftar riwayat hidup (curriculum vitae) yang merupakan sebuah dokumen yang berisi mengenai rangkuman pengalaman, keahlian, serta pendidikan seseorang yang disusun sedemikian rupa. 

Tujuan membuat resume lamaran pekerjaan ini ialah sebagai informasi mengenai kualifikasi seseorang dengan secara ringkas, padat, serta jelas.

1. Tulisan / Karangan Asli
Sebelum membaca membuat sebuah resume, pertama yang mesti kamu lakukan adalah membaca naskah aslinya. Bacalah naskah sampai selesai dan berulang-ulang. Sehingga paham isi naskah yang disampaikan.

Jika ingin meringkas sebuah teks, tentu yang dilakukan adalah membaca teks secara teliti. Membaca bisa dilakukan secara perlahan, dan mengulang kata ataupun kalimat yang belum dipahami. Membaca tidak hanya cukup dengan satu kali, Anda harus mengulangnya beberapa kali lagi.

Jadi, jika Anda ingin meringkas teks secara mudah, anda mesti sanggup membacanya. Sehingga dengan mudah menangkap isi dari teks, serta sudut pandang dari gagasan tersebut. 

2. Menemukan gagasan utama
Gagasan utama merupakan poin yang sangat penting untuk menuliskan kembali apa yang telah dibaca. Gagasan utama akan kita temukan setelah membaca secara keseluruhan sebuah tulisan. 

Karena, gagasan utama tidak terletak pada satu tempat saja, tetapi kandungan dari keseluruhan. Dalam sebuah tulisan, gagasan utama menjadi daya tarik bagi pembaca. Hal ini yang bisa dijadikan sebagai argumentasi dimuat dalam resume, ringkasan atau lainya.

3. Mulai Menulis
Setelah anda membaca dan menemukan gagasa utama dalam sebuah karangan, maka pastinya anda sudah tau apa yang mesti anda tulis dalam sebuah resume. Mulailah menulis dengan bekal apa yang telah anda baca dan cerna.

Perhatikan dalam penulisan resume. Catat yang penting-penting saja, maksudnya, hanya yang ada dalam karangan sebelumyna saja, jangan ditambah-tambah. Perhatikan juga penulisan dan penggunaan katanya, apakah sesuai dengan EYD atau tidak.

Penulisan dengan menggunakan EYD mempermudah orang dalam memahami dan membacanya. Ejaan ini bisa digunakan karena cukup konvensional. Sehingga dari berbagai bahasa yang ada di Indonesia pun memahaminya.

4. Koreksi Penulisan
Resume yang telah anda tulis, mesti anda baca kembali dengan teliti. Perhatikan apakah ada bahasa yang keliru, atau bahkan catatan yang tertukar. Pengoreksian penulisan ini berguna agar tidak menjadi kesalahpahaman. 

Contoh Resume 

Makalah Hipertensi

Latar Belakang
Hipertensi sebetulnya bukan penyakit, melainkan merupakan salah satu faktor risiko untuk terjadinya penyakit jantung dan pembuluh (PJP), khususnya CVA (cerebrovascular accident, infark atau pendarahan di otak). Disamping itu, Faktor-faktor risiko lainnya adalah merokok, kolesterol dan homosistein yang meningkat, kegemukan, jenis kelamin (pria,wanita sesudah menopauze), diabetes mellitus serta keturunan. 

Pembahasan
Patofisiologi
Hipertensi di bagi dalam 2 kategori yaitu hipertensi esensial (primer) dna hipertensi sekunder. Hipertensi yang tidak diketahui penyebabnya biasa disebut hipertensi esensial (primer). Factor keturunan berperan penting pada timbulnya jenis hipertensi ini. Hipertensi sekunder adalah peningkatan tekanan darah yang berkaitan dengan gagal ginjal dan penyakit renovaskuler. Kondisi lain yang mungkin mengarah ke hipertensi sekunder yaitu penyakit ganguan ginjal.

Kesimpulan
Hipertensi ini dapat didefinisikan tekanan darah sistolik dan diastolik, hipertensi juga dapat menyebabkan kecelakaan dalam meningkatkan aktivitas saraf yaitu seperti meningkatkan tekanan darah tinggi.juga dapat memeproduksi tinggi kanar rennin,hipertensi ini dapat mengembangkan kontribusi. 

Di dalam  penyakit hipertensi ini juga kita mengenal berbagai macam gangguan yang dikenal dengan meningkatnya tekanan darah tinggi,stroke,aneurisme,gagal jantung dan serangan jantung,yang kita kenal dengan tekanan darah tinggi sistolik dan tekanan darah diastolik.

Untuk tugas dalam bentuk jurnal, resume buku, formatnya sama seperti di atas.

Baca juga

Data Pribadi
Data pribadi bisa berupa sebuah resume, atau bisa juga dengan biodata diri / Curriculum Vitae (CV). Resume pribadi biasanya digunakan sebagai biografi, misalnya biografi penulis yang sering kita lihat di akhir halaman sebuah buku.

Berikut contoh resume data diri:

Rahmat Wahyudi lahir di Bekasi, 25 September 2000. Lebih akrab dipanggil Wahyu. Menempuh pendidikan di Bekasi sejak SD hingga Sarjana. Jurusan Farmasi adalah jalan yang ditempuh sejak SMK. Meskipun demkian, menulis telah menjadi salah satu hobinya.

Beberpa puisi telah dibuat, yang mungkin tidak untuk dipublikasikan. Karena teringat pada seorang penyair bernama Emily Dickinson, yang menulis ribuan puisinya yang dijilid sendiri dan di simpan di laci kamar hingga akhir hayatnya.

Memilki beberapa blog, namun yang terkenal adalah balerumah.com yang didirikan sejak akhir tahun 2019. 

Salah satu dari dua orang pendiri perpustakaan jalanan bernama “Terjal Babelan” (Literasi Jalanan Babelan) yang berdiri sejak pertengahan 2020. Baginya, kecanduan membaca buku adalah anugerah. Maka dari itu, tidak semua orang dapat menjadi pecandu buku bila ia belum mendapat anugerah.
Rahmat Wahyudi bisa disapa melalui instagram @rhm_wahyudi dan facebook Rahmat Wahyudi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel