Apa Itu Freelance? Berikut Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Balerumah.com - Dalam mencari pekerjaan, manusia selalu mencari pekerjaan yang lebih mudah dan nyaman serta waktu yang fleksibel. Di era mlenial ini, pekerjaan telah terbagi menjadi banyak. Di sini, kita akan membahas salah satu pekerjaan yang sedang trend, yaitu freelance.

Freelance. Gambar via pixabay

Freelance adalah pekerja lepas. Yaitu adalah seorang pekerja yang tidak berkomitmen kepada bos atau majikan. Freelance bisa mengerjakan pekerjaanya kapan saja, asalkan dikerjaan hingga selesai.

Umumnya freelance terbagi menjadi 2 kategori, yaitu freelance online dan freelance offline. Pada zaman teknologi ini, orang-orang lebih banyak menggunakan freelance online. Karena freelance online ini lebih mudah dan bisa dikerjakan di mana saja. 

Freelance online terdiri dari penulis, desainer, pembuatan logo, edit foto, admin sosial media, dan mungkin masih banyak lagi. Sedangkan freelance offline di bidang jasa, seperti misalnya di steam cuci motor, warung kopi, dan sejenisnya ketika sedang banyak orderan yang membutuhkan tambahan tenaga.

Saat ini pekerjaan freelance telah banyak diminati oleh orang, karena beberapa jenis pekerjaan freelance memiliki pendapatan yang tinggi. Pekerjaan freelance yang paling banyak diminati salah satunya adalah desainer. 

Sebelum menjadi desainer, anda tentu perlu memahami bagaimana cara pengeditan, pembuatan logo, dan sejenisnya. Ilmu desainer sekarang sudah banyak diterbitkan di YouTube, anda tentu bisa mempelajarinya.

Namun, sebelum anda memutuskan untuk menjadi desaier, anda perlu mengatahui apa saja kelebihan dan kekurangan menjadi freelancer. 

Baca juga: 
gambar via pixabay

Kekurangan
Sebelum mengetahui kelebihannya, kita perlu tengok sejenak, kira-kira apa saja kekurangan menjadi seorang freelancer. Jangan sampai anda tergiur dengan enaknya menjadi freelancer, tetapi lupa akan kekurangan yang akan dihadapi.

Dan anda mesti tahu, bukan hanya freelance yang memiliki pendapatan tinggi. Masih banyak pekerjaan di luar sana yang mendapatkan penghasilan lebih besar, hanya saja belum mengetahuinya. Berikut 4 kekurangan freelance:

1. Sulit Bersosialisasi
Dengan posisi yang setiap hari berada di rumah, tentu anda akan lebih banyak mengerjakan tugas sebagai freelancer. Otomatis, di rumah disibukkan dengan tugas-tugas pekerjaan. 

Selain itu, orang lain juga tidak akan mengerti apa yang kita kerjakan di rumah, namun jarang keluar. Hal tersebut dikhawatirkan dianggap tidak bisa bersosialisasi.

2. Dipandang Pengangguran
Orang lain tidak akan tahu apa yang kita kerjakan di rumah. Mereka hanya tahu bahwa kita setiap hari selalu ada di rumah. Dan itu membuat pandangan orang terhadap kita seperti pengangguran.

Tetapi jangan khawatir, fokus terus pada pekerjaan freelance atau boleh juga ajak mereka yang mengira anda pengangguran. Sehingga pandangan freelance seperti penganggur akan berkurang.

3. Pembayaran Diperlambat
Setiap buyer memiliki karakter yang berbeda. Bagi anda yang pemula mungkin akan kaget dengan momen seperti ini. Karena upah kerja yag dibayarkan terkadang tidak tepat waktu, alias diperlambat. Tetapi itu jangan sampai terjadi, anda mesti membuat kesepatakan dengan buyer.

Pembayaran yang diperlambat memang cukup menjengkelkan. Tetapi, anda jangan khawatir. Karena masih banyak buyer yang baik hati, yang terkadang melebihkan jumlah pembauayarann.

4. Bosan
Bosan merupakan penyakit pikiran yang kadang-kadang muncul dan merubah suasana bahkan perilaku kita. Bosan adalah suatu kewajaran, masih manusiawi. Karena menjadi freelance, setiap hari kita berada di depan layar, berhadapan dengan pekerjaan yang hanya "itu-itu saja". 

Terlebih lagi, jika masih pemula yang pendapatannya belum terlalu banyak, orang akan lebih mudah bosan sehingga perlahan ditinggal. Tetapi jangan khawatir, karena dengan rajin-rajin kita membuka jasa di banyak situs freelance, akan semakin banyak orderan yang masuk, sehingga pendapatan kita naik.

gambar via pixabay

Kelebihan
Dengan bergabung di grup freelance, entah itu fb atau wa, teman-teman tentu akan membuat diskusi tentang cara dan berapa pendapatan teman-teman. Dan tentunya, anda akan melihat pendapatan mereka yang bisa anda jadikan sebagai motivasi.
 
Ada banyak kelebihan menjadi freelance, di sini saya akan merangkumnya menjadi 5:

1. Waktu
Menjadi freelance, tentu tidak terikat dengan waktu seperti bagaimana bekerja di kantor atau pabrik yang memiliki jam kerja perhari. Freelance, justru memiliki waktu yang relatif dan fleksibel dalam pengerjaannya. Namun, kecuali ada penargetan dari seorang buyer. Seperti misalnya "logo harus jadi esok juga".

Selain itu, dengan fleksibelnya waktu, anda bisa melakukan kegiatan lain seperti membaca koran, menuliskan hal lain, atau bahkan membuat konten.

2. Tempat
Jika seorang pekerja kantor memilik tempat, berbeda dengan freelance yang tidak memili tempat. Artinya, freelance online bisa mengerjakan tugasnya di mana pun ia mau. Entah di warung kopi, rumah, atau tempat lain yang sekiranya bisa.

Dengan tempat yang relatif, anda bisa menggunakannya untuk sekedar bersosialisasi dan nongkrong bareng teman. Karena banyak pula freelancer yang mengerjakan pekerjaannya di luar rumah. Hal tersebut dilakukan agar tidak bosan dengan suasana kerja.

3. Penghasilan
Seorang freelance yang produktif tidak lagi khawatir dengan pengasilannya. Siapa sangka, satu artikel saja bisa dihargai $5 atau sekitar 70 ribuan. Bayangkan bagaimana jika perhari ada orderan 10 artikel. Maka $5 x 10 artikel = $50 

Pendapatan yang cukup, bukan?

4. Bebas
Seperti namanya, pekerja lepas / pekerja bebas. Menjadi freelance, tentunya bebas atau tidak terikat dengan bos seperti di perusahaan. Kita hanya cukup melayani buyer / customer dengan sepebuh hati. Melayani agar pembeli jasa puas terhadap pelayanan yang kita berikan.

Selain itu, freelance juga tidak terikat dengan waktu seperti di sebuah perusahaan. Menjadi freelance, justru kita bebas dalam mengatur waktu. Asalkan ingat dengan tugas yang akan dikerjakan.

Demikianlah pembahasan tentang freelance mengenai kelebihan dan kekurangannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel